Waduh, Temuan BPK Senilai Rp 160 Juta Belum Dikembalikan

oleh
Ilustrasi : Felix

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap penggunaan dana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bulukumba pada tahun 2015 lalu, masih menyisakan masalah, pasalnya ada temuan BPK yang belum mendapatkan tindak lanjutnya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bulukumba, Andi Mappiwali, sesuai hasil pemeriksaan BPK terhadap laporan keuangan Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Bupati dan wakil Bupati Bulukumba pada tahun 2015 ditemukan potensi penyalahgunaan keuangan negara.

Loading...

“Ada temuan sebesar Rp 160 juta di Panwas Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba 2015. Temuan BPK Rp 160 juta belum dikembalikan Panwas Pilkada 2015,” Ungkap Andi Mappiwali, Senin 15 Januari 2018.

BPK menemukan adanya penggunaan dana setelah Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba terpilih 2016-2021 dilantik oleh Gubernur Sulawesi Selatan pada Februari 2016 lalu, padahal semestinya sesuai dengan ketentuan, tidak ada lagi kegiatan setelah Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba 2015 dilantik.

“Inilah yang dicatat BPK sebagai temuan senilai Rp 160 juta,” Tambah Andi Mappiwali.

Menurut Andi Mappiwali, ketua Panwas Pilkada Bulukumba yang pada saat itu menjabat yakni Andi Muhammad Amin, pernah mengirim surat setelah Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba dilantik, Yang isinya meminta revisi Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk mengakomodir penggunaan dana Rp 160 juta.

“Permintaan tersebut kami tolak, Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba hasil Pilkada 2015 sudah dilantik,” Terang Andi Mappiwali.

Pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba di tahun 2015 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba dan Panwas Pilkada 2015 menandatangani NPHD senilai kurang lebih sekitar 5 miliar rupiah.

Namun ketika dikonfirmasi, Mantan ketua Panwaslu Pilkada 2015, Andi Muhammad Amin dengan tegas membantah apabila dalam masa pimpinannya dulu, terdapat temuan sebesar Rp 160 juta seperti yang dikatakan BPKD Bulukumba.

“Sembarang tong na bilang itu Mappiwali, tidak ada temuan, yang kami lakukan sudah sesuai prosedur,” Ujar Andi Amin yang saat ini juga menjabat sebagai ketua Panwas Pilkada Gubernur Sulsel 2018.

Lanjutnya, RAB Panwas disusun hingga april. Apalagi, ada edaran dari Bawaslu daerah yang Pilkadanya sampai di MK, maka, masa kerjanya sampai April 2016, Jadi apa yang dilakukan Panwas sudah sesuai prosedur.

Loading...