Ketua KPU Bulukumba : Dengan Coklit Kita Basmi Pemilih Siluman

oleh
Apel Kesiapan Penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan di Lapangan Pemuda, Jumat (19/1) I Foto : Felix

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba menggelar apel kesiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Serentak dalam menghadapi Penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan di Lapangan Pemuda yang dihadiri oleh Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto, Jumat 19 Januari 2018.

KPU sebagai penyelenggara pemilu termasuk pemilihan gubernur Sulawesi Selatan dari segi tahapan sudah memasuki proses Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih, sehingga pihaknya akan menyebar Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di seluruh desa dan kelurahan.

Loading...

Total jumlah penyelenggara yang terlibat dalam gerakan Coklit ini sebanyak 1.699 yang terdiri dari KPU dan Sekretariat KPU 40 orang, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 50 orang, Panitia Pemungutan Suara (PPS) 408 orang dan PPDP itu sendiri sebanyak 1.201 orang.

Ketua KPU Bulukumba, Azikin Patedduri

Ketua KPU Bulukumba Azikin Patedduri, mengungkapkan Coklit ini diharapkan akan bisa membasmi daftar pemilih siluman yang tiba-tiba muncul saat ada pemilu, sehingga data yang ada nanti merupakan data pemilih yang akurat, akuntabel dan bisa dipertanggung jawabkan.

“Dengan Coklit, nantinya sudah tidak ada lagi daftar pemilih siluman, karena datanya akan disandingkan dengan fakta di lapangan,” Ungkap Azikin Patedduri kepada Beritabulukumba.com

Sementara itu dalam sambutannya Tomy Satria Yulianto mengatakan tahapan Coklit memberikan nilai penting dalam pelaksanaan pesta demokrasi, oleh karena partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya sangat menentukan pemilu atau pilkada lebih berkualitas. Tentu tugas tersebut tidak mudah, sehingga Tomy mengapresiasi semangat para petugas penyelenggara pemilihan, meski katanya mungkin tidak sepadan dengan imbalan yang diterima.

“Selamat bertugas dan menjalankan amanah dengan baik, supaya nantinya tidak terjadi hingar bingar hanya karena ada warga yang tidak terdaftar menjadi pemilih,” tutup Tomy dalam sambutannya.

Wakil Bupati Bululukumba, Tomy Satria Yulianto menyematkan atribut PDPD secara simbolis.

Tomy juga didaulat melepas balon gas dan menyematkan atribut PPDP secara simbolis tanda pelaksanaan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih tahun 2018 pada Apel Kesiapan Penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

Seluruh petugas penyelenggara berdiri mengikuti Apel di dalam lapangan Pemuda, turut hadir Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki, Kapolres Bulukumba, AKBP Muh. Anggi Naulifar Siregar, Dandim 1411, Letkol ARM Sutikno, dan anggota Panwaslu Bakri Abubakar.

Loading...