Kasatpol PP Bulukumba Bantah Anggotanya Minta ‘Jatah Preman’ di Hotel Andira

oleh
Kasatpol PP Bulukumba, Andi Baso Bintang I Foto : Felix

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Bulukumba, Andi Baso Bintang membantah tegas tuduhan yang melibatkan anggotanya dalam melakukan aksi ‘Jatah Preman’ atau pungutan liar terhadap salah satu penginapan di Kabupaten Bulukumba.

Andi Baso Bintang, yang dikonfirmasi melalui akun WhatsApp-nya mengaku telah melakukan interogasi kepada anggotanya. Namun tidak ada satupun anggota Satpol PP yang mengakui adanya perbuatan tersebut. Selasa 30 Januari 2018.

Loading...

“Setelah saya interogasi keempat personil PatMor (Patroli Motor) ternyata tidak seperti itu dipemberitaan,” Ujar Andi Baso Bintang.

Menurutnya, unit patroli memang gencar dalam melaksanakan tugas yang kemudian meresahkan para pemilik penginapan karena mengurangi tamu yang datang.

“Sementara bila ada kejadian mesum perselingkuhan Pol PP jadi kambing hitam dengan dalih tidak melaksanakan tugasnya,” Tambah Andi Baso Bintang.

Patroli Satpol PP menurut Baso Bintang gencar melakukan pengawasan terhadap hotel dimana ditemukan adanya tamu penginapan yang menggunakan obat terlarang dan seks bebas.

“Unit Patroli tetap melaksanakan tugasnya, rutin 3-4 kali sebulan dan atau apabila ada laporan yg diterima, Untuk pungutan sama sekali tidak ada seperti yang dituduhkan. Jika itu terbukti ada, maka dikenakan sanksi berupa, sanksi internal OPD (Organisasi Perangkat Daerah), sanksi fisik & administrasi (dipindah tugaskan) atau ada lebh berat, diusulkan ke BKPSDM untuk dimutasi ke OPD lain,” Tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengelola Hotel Andira yang beralamat di Jalan Dato Tiro, Kecamatan Ujung Bulu, Bulukumba, melaporkan adanya pungutan liar (Pungli) oleh Anggota Satpol PP yang setiap hari meminta jatah preman kepada pegawai hotel.

“Setiap hari datang dan meminta uang Rp 50 Ribu sampai Rp 100 Ribu perorang, jumlahnya 4 orang, menggunakan seragam lengkap Satpol PP dan pakai motor patroli Satpol,” Ungkap Ardiansyah, Pengelola Hotel Andira.

Loading...