Perjalanan Dinas DPRD Bulukumba Tembus ke Angka 10 Miliar Rupiah

oleh
Ilustrasi : Felix

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Anggaran perjalanan dinas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulukumba di Tahun Anggaran 2018 menyentuh sampai angka 10 miliar rupiah. Angka ini tentunya sangat berbanding kontras dengan penganggaran penuntasan kemiskinan di Dinas Sosial (Dinsos) Bulukumba yang hanya 1,4 Miliar rupiah.

Sekertaris DPRD Bulukumba, Daud Kahal membenarkan bahwa anggaran perjalanan dinas legislatif Bulukumba untuk tahun 2018 adalah sebesar 10 miliar rupiah.

Loading...

“10 Miliar itu untuk tiga kegiatan, yaitu konsultasi, legislasi dan bimtek,” Ujar Daud Kahal saat dikonfirmasi Beritabulukumba.com

Sementara itu, berdasarkan data rekapitulasi rumah tangga miskin Kabupaten Bulukumba melalui Program Basis Data Terpadu (PBDT) Tahun 2015, keluarga miskin di Kabupaten Bulukumba mencapai pada angka 35.545 keluarga atau sebanyak 127.516 Jiwa.

Hal itu diungkapkan oleh Kabid Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial Bulukumba, Ardi Arafah yang menjelaskan bahwa data penanggulangan kemiskinan Kabupaten Bulukumba memang masih menggunakan data tahun 2015, Hal itu dikarenakan karena Dinsos Bulukumba harus mengacu pada Peraturan Menteri Sosial (Permensos) No 10 Tahun 2016 Tentang Pemanfaatan Data Terpadu.

“Maka dari itu kita sebenarnya sangat membutuhkan Metode Pemuktakhiran Mandiri (MPM) supaya data tahun 2015 ini bisa lebih akurat. Kalau lewat MPM kan jumlah angka bisa ketahuan apakah naik atau turun, jadi datanya lebih valid,” Ujar Ardi Arafah, Rabu 31 Januari 2018.

Sebelumnya diketahui bahwa DPRD Bulukumba menolak dengan tegas usulan anggaran sebesar 395 Juta untuk menjalankan Metode Pemuktakhiran Mandiri Basis Data Terpadu (MPM BDT) Kemiskinan dari Dinsos Bulukumba.

Loading...