Netizen Pertanyakan Anggaran Hari Jadi, Ini Penjelasan Wabup Bulukumba

oleh
Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto Saat Menghadiri Perayaan Hari Jadi ke 58 I Foto : Felix

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Netizen (warga internet) ramai mempertanyakan sumber anggaran yang dipakai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba pada perayaan hari jadi Kabupaten Bulukumba ke 58. Para perayaan tersebut Pemkab Bulukumba menghadirkan artis nasional, pertunjukan pesawat sukhoi dan aksi terjun payung dari Paskhas TNI AU II Makassar.

Wakil Bupati (Wabup) Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengungkapkan bahwa sumber anggaran seluruh kegiatan perayaan hari jadi adalah dari sumbangan seluruh SKPD yang ada di Bulukumba.

“Dari SKPD, jumlahnya pun relatif tidak merata, yang terkumpul sekitar 100 juta,” Ujar Tomy kepada Beritabulukumba.com , Selasa 6 Februari 2018.

Tomy mengungkapkan untuk pertunjukan pesawat sukhoi dan aksi terjun payung hanya memakai Rp 53 juta itupun hanya untuk sekedar makan minum dan sebagaian keperluan lain.

“Pertunjukan pesawat sukhoi dan aksi terjun payung itu cuma Rp 53 juta, kalau mau dibayar bahan bakarnya jelas tidak cukup untuk nominal segitu,” Ungkapnya.

Pertunjukan Pesawat Sukhoi Saat Perayaan Hari Jadi Bulukumba (5/2/2018)

“Dana yang dipakai minimal memang, karena mereka yang bersurat ke Pemkab untuk ikut berpartisipasi dalam perayaan ini,” Tambah Tomy.

Untuk pertunjukan artis nasional pada saat soft launching event pariwisata Bulukumba di Bira, Tomy menjelaskan bahwa panitia memakai dana saving pesta tahun baru dari sumbangan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo sewaktu menghadiri Festival Phinisi 2017 lalu.

“Dana 1 Miliar yang disumbang pak gubernur untuk perayaan tahun baru itu tidak kami pakai semua karena Wakil Presiden dan Gubernur batal hadir, jadi dialokasikan untuk acara perayaan hari jadi,” Jelas Tomy.

Selain itu Tomy juga menjelaskan bahwa dana sumbangan juga berasal dari sponsorship yang ada di Bulukumba seperti Bank Sulselbar dan Yamaha.

“Pak Bupati secara pribadi bahkan menyumbang sebesar 50 Juta. Intinya semua dana yang dipakai murni dari sumbangan yang halal dan tidak mengikat, demi meriahnya perayaan hari jadi Kabupaten Bulukumba,” Tutup Tomy.