Mahasiswi Bulukumba Ini Raih 2 Medali Emas di IPITEX Bangkok 2018

oleh
Mahasisiwi Fakultas Farmasi Unhas. Tri Puspita Roska (21 Tahun) Sabet 2 Medali Emas di Bangkok I Foto : Istimewa

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Kembali sebuah prestasi gemilang ditorehkan oleh putri daerah Bumi Panrita Lopi, kali ini mahasiswi Fakultas Farmasi dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Tri Puspita Roska yang berasal dari Kabupaten Bulukumba berhasil menyabet 2 medali emas dalam ajang tingkat internasional yakni Bangkok International Intellectual Property Invention Innovation and Technology Exposition (IPITEx 2018), di Bangkok, Thailand.

Dalam lomba yang diselenggarakan sejak 1-6 Februari 2018 tersebut, Tri Puspita Roska bersama ketiga temannya yang tergabung dalam Tim Fakultas Farmasi Unhas berhasil mendapatkan 1 medali emas (gold) dan 1 medali gold special awards dari China.

Loading...

Kompetisi ini sendiri diikuti oleh 1.000 peserta dan dihadiri oleh para peneliti dari 24 negara di dunia seperti diantaranya Jerman, Korea, Polandia, Malaysia, Sri Langka, Indonesia.

Tri Puspita Roska (21 Tahun), alumni SMA 8 Bulukumba tahun 2014 lalu itu secara eksklusif kepada Beritabulukumba.com , mengungkapkan kebanggaannya bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Awalnya sempat pesimis karena melihat inovasi dan penelitian dari negara lain yang juga hebat-hebat, tapi saya dan teman-teman yakin bahwa setiap orang mempunyai kesempatan yang sama sehingga itu menjadi motivasi untuk mempush segala sesuatunya agar bisa memberikan yg terbaik dan tentunya dengan hasil ini saya dan teman-teman bangga bisa mempersembahkan sebuah prestasi untuk Indonesia” Ungkap Tita sapaan akrabnya.

Tita berharap semoga banyak kesempatan banyak teman-teman dari Bulukumba yang juga bisa ikut event seperti ini untuk menambah pengetahuan dan pengalaman seperti dirinya rasakan.

“Lewat event seperti ini kita dapat mengupgrade ilmu pengetahuan dengan melihat ide dan inovasi dari berbagai penjuru dunia,” Tambah Tita.

Tim Farmasi Unhas

Tim Farmasi ini berhasil mendapatkan 2 medali setelah membawakan inovasi hasil risetnya berupa penelitian tentang pengendalian serangan rayap terhadap furnitur kayu menggunakan Captox Spray Microemulsion.

Produk yang diolah dari ekstrak belimbing wuluh ini berfungsi sebagai anti rayap (anti-termes) alami yang dapat membunuh rayap dengan angka kematian seratus persen.

Sementara itu, Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto menuturkan bahwa ini merupakan salah satu prestasi yang membanggakan dari pemuda pemudi Kabupaten Bulukumba.

“Ini artinya anak muda Bulukumba mampu bersaing di kancah internasional, Semoga pencapaian ini menjadi inspirasi bagi pemuda yang lain untuk menorehkan prestasi dan sejarahnya,” Ujar Tomy.

Tim Fakultas Farmasi terdiri atas:
1. Tri puspita Roska (Ketua Tim)
2. Syahidah
3. Risdayanti
4. Jasmine Istigfarina

Loading...