Film Monsters University Akhirnya Tayang Juga

oleh

JAKARTA,BB – Film animasi Monsters University akhirnya tayang di bioskop setelah sempat tertunda dua kalai tahun 2012 lalu.

Sesuai jadwal penayangan Cinema 21, film yang sebelumnya bertajuk Monsters Inc 2 itu mulai disaksikan Jumat 21 Juni 2013.

Loading...

Kabar film tersebut mulai heboh sejak tahun 2010. Kemudian muncul jadwal perilisan resmi pada 16 November 2012. Namun pihak distributor  Walt Disney Pictures menjadwalkan ulang pada 2 November 2012.

Lagi-lagi tertunda yang pada akhirnya resmi diputar pada Jumat, 21 Juni 2013 kemarin.

Review Cinema 21:
Mike (Billy Crystal) adalah monster yang penuh percaya diri meskipun teman-teman sekolahnya selalu memperoloknya. Tidak ada yang mau akrab dengan Mike karena ia dianggap bukan sejenis monster yang menakutkan. Di dunia monster, tentunya bisa menjadi sosok yang menakutkan adalah sebuah kebanggan yang tak ternilai. Mike kemudian termotivasi untuk masuk ke Monster University setelah bertemu idolanya, Frank McCay (John Krasinski) saat sekolahnya melakukan studi tur. Ia ingin menjadi monster yang menakutkan seperti Frank sehingga bisa lebih dihargai oleh monster-monster lainnya.

Di hari pertama masuk Monster University, Mike bertemu dengan teman sekamarnya Randall Boggs (Steve Buscemi), yang juga memiliki kesulitan dalam bergaul. Mereka pun kompak untuk bisa meraih prestasi tertinggi di kelas menakut-nakuti. Di kelas tersebut mereka berkenalan dengan James Sullivan (John Goodman), putra dari monster terkenal Bill Sullivan. Karena memiliki garis keturunan yang terpandang, Jimes yang akrab disapa Sully ini bertingkah semaunya dan tidak mau berpatokan dengan akademis sekolah. Mike pun sering konflik dengan Sully lantaran merasa kurang nyaman dengan sifat ‘sok artisnya’.

Permasalahan pun mulai muncul akibat perseteruan Mike dan Sully, mereka dikeluarkan dari kelas menakut-nakuti oleh dekan terpandang Monster University Dean Hardscrabble (Helen Mirren). Meskipun demikian Mike pantang menyerah, ia mencoba mengikuti kompetisi tahunan Monster University yaitu Scare Games untuk membuktikan kalau ia tidak layak dikeluarkan dan bisa menjadi sosok yang menakutkan seperti monster-monster lainnya. Karena kompetisi tersebut diharuskan memiliki tim, Mike pun bergabung dengan sekelompok monster yang hampir ‘mirip’ dengannya dengan nama Oozma Kappa.

Akhirnya datang juga, mungkin itulah reaksi awal ketika mengetahui ada film ini. Sejak film pertamanya yang berjudul Monster. Inc dirilis pada tahun 2001, kini Pixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures akan mulai mencoba untuk melanjutkan kesuksesannya. Entah apa yang membuat Pixar dan Disney membutuhkan waktu hingga 12 tahun untuk film ini. Namun yang terpenting saat ini adalah sosok Mike dan Sully telah hadir serta siap menebus kerinduan Anda selama lebih dari satu dekade.

Perlu diketahui, Monster University adalah prekuel dari Monster.Inc yang mengisahkan bagaimana Mike dan Sully bisa bersahabat dekat. Disinilah penantian Anda selama lebih dari satu dekade bisa tertebus karena akan melihat lebih banyak monster-monster yang lucu dan unik. Apalagi ketika film ini menampilkan Mike kecil saat masih duduk di bangku sekolah yang seakan mirip anggur berwarna hijau dan sangat jauh dari kesan menakutkan.

Sesuai dengan ciri khasnya, film kehidupan para monster ini dikombinasikan dengan set up dunia nyata lewat cara yang unik. Inilah yang membuat produksi Pixar dan Disney menjadi jauh lebih menarik lewat kualitas animasinya meskipun dilandasi plot cerita yang sangat sederhana. Hal serupa juga mereka lakukan di Toy Story, Cars dan Brave yang sukses meraup keuntungan dengan konsep tersebut.

Monster University memang sangat kental dengan unsur humornya. Tapi Pixar tetap teguh pada idealismenya untuk menyisipkan pesan yang mendalam dan menginspirasi lewat ceritanya yang original. Disini penonton akan dibuat terpingkal-pingkal ketika Mike bergabung dengan rekan-rekan setimnya di Oozma Kappa dan menjadi lebih bermakna ketika ia memicu yang lain untuk bisa menjadi juara di Scare Gemes.

Tentu pesan yang terkandung di film ini sangatlah beragam mulai dari kejujuran, persahabatan, solidaritas, percaya diri, kerja keras dan sebagainya. Yang terasa sangat ‘mendalam’ meskipun terlontar dari ucapan yang sederhana di film ini adalah “Tidaklah mengapa jika kita biasa-biasa saja”. Quote itu seakan menjadi penyemangat sekaligus membuat film Monster University lebih berharga dari sekedar hiburan.

Secara keseluruhan, film arahan sutradara Dan Scanlon ini sangatlah menarik dan cocok untuk ditonton oleh seluruh keluarga. Bagi yang belum menonton Monster. Inc (2001), Anda tetap bisa menikmati film Monster University karena ini adalah prekuel yang merupakan kisah mundur dari film sebelumnya.

Laporan: cr12/MJ

Loading...