Jelang Pilgub Sulsel 2018, 23 Ribu Warga Bulukumba Terancam Tak Memilih

oleh
Ilustrasi

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (disdukcapil) Kabupaten Bulukumba masih harus terus berjuang untuk menyelesaikan perekaman KTP Elektronik hingga menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgup) Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 26 Juni mendatang. Dari jumlah penduduk 436.061 jiwa penduduk Bulukumba, masih ada 23 ribu jiwa warga Bulukumba yang terancam tak bisa menyalurkan hak suaranya. Akhir 2017 lalu masih terhitung 27 ribu jiwa.

Kepada Beritabulukumba.com, Mulyati Nur mengaku angka tersebut belum bisa dipastikan selesai hingga pemilihan gubernur nanti. Alasannya, banyak warga Bulukumba yang merantau namun belum lakukan pindah domisili.

“Tidak bisa dipastikan, karena 23 ribu warga, diantaranya banyak yang merantau,” Ungkapnya, Senin (19/2/2018).

Kedati demikian, segala upaya dilakukan oleh Disukcapil, termasuk menggandeng sejumlah mitra seperti Lakpesdam, dan PKK. Tak hanya itu, upaya Disdukcapil terlihat saat meluangkan waktu melayani masyarakat dengan penyerahan KTP-El di momen keramaian jalan sehat yang dilaksanakan KPU Bulukumba, pada Minggu, 17 Februari kemarin.

Kepala Disdukcapil, Mulyati Nur mengatakan, inisiasi yang digagasnya merupakan bagian dari Gerakan Tuntas Administrasi Kependudukan 2018 (GERTAK 18) yang tidak masuk dalam perencanaan. Melihat banyaknya e-KTP yang tercetak khususnya untuk warga yang beralamat di Ujung Bulu yang belum diambil pemiliknya. Dengan momentum keramaian, pihaknya berusaha memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“Kami memanfaatkan moment keramaian. Harapannya peserta jalan sehat ini ada dari berbagai kecamatan, jadi begitu melapor kami berikan asalkan membawa resi atau suket (surat keterangan),’Tambahnya.

Disdukcapil Bulukumba juga kerap melakukan pelayanan meski dihari sabtu, dimana kantor lainnya sedang libur kerja.

Sementara, data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba untuk Daftar Pemilih tetap (DPT), masih terus dilakukan pemutakhiran, ‘DPT untuk Pilgub 2018 belum di tetapkan, dan sementra berjalan proses pemutakhiran data pemilih, jika teman-teman pencoklit menemukan adanya warga yang belum lakukan perekaman, kami rekomendasikan ke Capil untuk perekaman.” Hasanuddin Salassa, Komisioner KPU Bulukumba.

Pada Pilkada 2015 lalu, Jumlah DPT di Bulukumba 365.990 jiwa. sedangkan saat ini, jumlah penduduk di Bulukumba 438.061 jiwa.