Jelang Pilgub 2018, Tim Patroli Media Cyber Polres Bulukumba Siap Cegah Penyebaran Info Hoax

oleh

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Untuk mencegah penyebaran info atau berita hoax dan ujaran kebencian menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) 2018, Polda Sulsel menyiagakan Polisi Patroli Media Cyber hingga ke tingkat Polres, Tidak terkecuali di Polres Bulukumba. Jumat, 23 Februari 2018.

Hal tersebut disampaikan oleh Kanit Tipider Polres Bulukumba, Bripka Ahmad Fatir saat ditemui Beritabulukumba.com diruangan kerjanya.

Patroli Cyber tersebut nantinya akan bertugas untuk mengecek info, berita yang berbau hoax dan menyelidiki akun penyebar ujaran kebencian yang beredar di Media Sosial (Medsos).

“Kalau ada yang didapat, nanti akan dilihat apakah masuk jeratan undang-undang informasi transaksi elektronik dan lain-lain,” katanya.

Kemudian, lanjut Fatir, pelaku nantinya bakal dilaporkan ke Satuan Tugas (Satgas) ditingkat Polda.

Sementara itu, Kapolres Bulukumba, AKBP M Anggi Naulifar Siregar menghibau masyarakat agar bijak dalam melihat, menilai, dan membagikan info atau berita.

Ia berharap, masyarakat bisa melihat sumber berita yang terpercaya sebelum membagikannya ke akun-akun medsos.

“Saya tetap imbau kepada masyarakat untuk bijaksana dalam menilai berita juga melihat komentar-komentar orang. Apabila ada info atau berita yang terkesan memberi efek provokasi, jangan langsung dipercaya. Jangan mudah di adu domba,” ujar mantan Kapolres Sidrap ini.

Untuk upaya pencegahan berita hoaks, Polres Bulukumba telah memasang spanduk imbauan di dua titik di Butta Panrita Lopi, julukan Bulukumba, yakni di sekitar Lapangan Pemuda dan di depan Mall Wisata UIT, Jl Sam Ratulangi, Kecamatan Ujung Bulu.