Dimintai Sejak 2017 Lalu, Pimpinan DPRD Bulukumba Tak Kunjung Kembalikan Mobil Dinas

oleh
Ilustrasi : Felix

Bulukumba, Beritabulukumba.com – 2 Kendaraan Dinas (Randis) berupa unit mobil New Ertiga yang bernomor polisi DD 318 H dan DD 323 H yang dikuasai oleh masing masing pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yakni Wakil Ketua I, A. Zulkarnain Pangki dan Wakil Ketua II, Murniaty Makking belum dikembalikan sejak diminta oleh Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Bulukumba pada tahun 2017 lalu untuk selanjutnya diserahkan ke Bagian Aset, Badan Keuangan Daerah (Bapenda) Bulukumba. Minggu, 25 Februari 2018.

Berbagai cara telah dilakukan Pemkab Bulukumba untuk mengembalikan 2 buah aset yang masih tertahan di DPRD Bulukumba, baik melalui surat resmi dan melalui pemberitahuan lisan, namun nyatanya 2 pimpinan DPRD Bulukumba terkesan enggan mengembalikan mobil dinas yang masih mereka kuasai.

Seharusnya semua mobil dinas yang dipinjam pakai oleh DPRD Bulukumba dikembalikan paling lambat sejak 18 Januari 2018 lalu, pasca terbayarkannya tunjangan transportasi DPRD sebesar Rp. 11 Juta per bulan.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Bulukumba, A. Mappiwali, menegaskan tidak ada aturan yang berlaku untuk difasilitasinya pasangan (Istri/Suami) para pimpinan DPRD.

“Di aturan itu yang difasilitasi cuma Ketua dan Wakil Ketua bukan pasangannya, kecuali istri Ketua DPRD karena menjabat sebagai ketua Ikhwan,” Ujar Andi Mappiwali beberapa saat lalu.

Berbeda dengan Bupati, Wakil Bupati dan Sekertaris Daerah (Sekda) yang merupakan pejabat negara dan pasangannya mempunyai jabatan seperti Ketua TP-PKK, Wakil Ketua TP-PKK dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) yang semua fasilitasnya diatur dalam perundang-undangan.

“Yang difasilitasi itu cuma pejabat negara bukan pejabat daerah, DPRD itu pejabat daerah bukan pejabat negara,” tambah Andi Mappiwali.

Bahkan Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki, mengaku juga sudah menyampaikan kepada wakilnya untuk mengembalikan mobil yang masih tertahan itu, baik secara lisan maupun tertulis.

“Belum dikembalikan karena ada sparepart mobil yang sudah dibeli namun tidak kunjung datang,” Ungkap Andi Hamzah Pangki beberapa saat lalu.