17 Siswa SD Keracunan Makanan di Bulukumba, dr. Rajab Imbau Masyarakat Waspada

oleh
Ilustrasi

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Kasus keracunan makanan yang terjadi pada 17 murid salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bulukumba pada Jumat, 23/2/2018 lalu, mendapat perhatian khusus dari pelaksana tugas (plt) direktur Rsud H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, dr. H. Abdur Rajab H, MM.

Kepada Beritabulukumba.com , dr. Rajab menghimbau masyarakat untuk harus lebih berhati hati serta teliti dalam membeli makanan, terutama makanan jadi dan makanan kemasan untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsanya.

“Saya rasa bukan hanya anak kecil yang perlu diawasi, tapi yang sudah dewasapun harus lebih teliti dalam membeli makanan jadi, karena masalah keracunan tidak mengenal usia,” tutur dr. Rajab, Senin, 26 Februari 2018.

Bahkan dirinya menyarankan kepada orang tua yang memiliki anak dan masih bersekolah untuk membawa bekal dari rumahnya, sehingga anak tersebut tidak perlu lagi jajan di sekolahnya.

“Demi keamanan pencernaan dan menjaga untuk tidak jajang sembarangan, alangkah baiknya pihak orang tua menyiapkan bekal untuk anak tersebut. Makanan dari rumah pasti kita tahu kebersihannya dan kecukupan nilai gizinya, sehingga tidak perlu khawatir lagi anak tersebut jajan diluar yang belum tentu kebersihannya terjamin,” tambahnya.

Sekedar diketahui, seluruh korban keracunan langsung dilarikan ke rumah sakit, dan telah mendapat perawatan serta tertangani dengan baik oleh tim medis IGD RSUD, sehingga pada hari itu juga kesemua korban diperbolehkan pulang oleh dokter.

“Semoga ini dapat menjadi pembelajaran penting bagi kita semua, terutama bagi seluruh orang tua untuk selalu waspada agar kejadian serupa tidak terulang lagi,” tutup dr. Rajab