Punya 1759 Pasien, RSUD Sulthan Daeng Radja Tambah Dokter Ahli Penyakit Jantung

oleh

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Meningkatnya angka penderita penyakit jantung, mendorong pihak manajemen RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba terus berkomitmen dan berupaya dalam memenuhi ketersedian jumlah dokter ahli di rumah sakit. Dari data poliklinik penyakit jantung tercatat sepanjang tahun 2017 menunjukkan bahwa pasien yang berkunjung di poliklinik jantung sebanyak 1759 orang/pasien. Dimana angka tersebut terbagi menjadi tiga bagian, yakni pasien pengguna kartu BPJS Kesehatan sebanyak 1325 orang, pasien PBI sebanyak 341 orang, dan pasien umum sebanyak 66 orang.

Permasalahan lain adalah tingginya angka rujukan pasien penyakit jantung dari FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama), yang meliputi Puskesmas, Dokter Keluarga, dan Klinik. Sehingga membuat poliklinik jantung rumah sakit kewalahan dalam melayani pasien, karena hanya dilayani oleh 1 orang dokter ahli jantung.

Dr. H. Muh. Amrullah, M.Kes sebagai pelaksana tugas (Plt) Bidan Pelayanan Medik Rumah Sakit, kepada Beritabulukumba.com memperkenalkan dokter ahli penyakit jantung yang baru yakni dr. Uswa Malik, Sp.JP, M.Kes. dimana kesehariannya, dr. Uswa bertugas di RSUD Sinjai dan telah bersedia serta menyatakan diri untuk mengabdi sebagai dokter ahli penyakit jantung di Rsud H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba.

“Dr. Uswa siap membagi waktunya dan beliau telah mempertimbangkannya. Namun lebih dari itu ialah kita harus mengapresiasi beliau dengan niat yang tulus untuk memenuhi keinginan masyarakat di kedua Kabupaten tersebut, dengan demikian dokter jantung RSUD sudah cukup dua orang. Adapun jadwal prakteknya yakni selama 3 hari dalam seminggu, mulai hari Kamis, Jumat, dan Sabtu pada jam 13.00 sampai dengan 17.00 Wita,” Pungkas dr. Amrul.

Hal tersebut mendapat respon positif, dari pelaksana tugas (plt) direktur RSUD, dr. H. Abdur Rajab H, MM. Menurutnya, penambahan dokter jantung tersebut ialah untuk memenuhi kebutuhan pasien dalam berkonsultasi dan memeriksakan dirinya.

“Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka saatnya menambah jumlah dokter ahli penyakit jantung dan penambahan jadwal waktu pelayanan,” Tuturnya.

RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba sebagai rumah sakit tipe B yang merupakan rumah sakit rujukan bagian selatan, Sulawesi Selatan berkomitmen memberikan pelayanan penyakit jantung yang maksimal dan komprehensif.

“Semoga dengan kehadiran dokter ahli jantung yang baru dapat memaksimalkan pelayanan penyakit jantung yang ada di RSUD,” Harap dr. Rajab.