Dalam 3 Tahun Terakhir, Pendapatan Masyarakat Bulukumba Semakin Meningkat

oleh
Kepala Badan Pusat Statistik Bulukumba, Mattaliu | Foto : Felix

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bulukumba merilis hasil SUSENAS (Survey Sosial Ekonomi Nasional) yang dilakukan pada bulan Maret 2017 lalu, dari hasil survey tersebut menunjukkan hasil Gini Rasio (Tingkat Pemerataan Pendapatan) masyarakat Kabupaten Bulukumba yang semakin meningkat dan merata dari 3 tahun terakhir atau sejak 2015 hingga 2017.

Gini Rasio sendiri adalah tingkat pemerataan pendapatan yang terjadi di masyarakat dalam distribusi pendapatan yang sama rata. Kisaran rasio tentang distribusi pendapatan berkisar diangka 0 sampai dengan 1. Jika mendekati 0 berarti distribusi pendapatan yang diterima hampir sama dengan banyak penduduk dan jika mendekati angka 1 maka distribusi pendapatan yang diterima masyarakat hanya dikuasai oleh para Kapitalis.

Loading...

Dari hasil survey SUSENAS yang dilakukan pada 10 Kecamatan di Kabupaten Bulukumba, Gini Rasio Kabupaten Bulukumba tahun 2017 berada diangka 0,32 atau diperingkat ke 3 setelah Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Toraja. Sebelumnya pada tahun 2015 Kabupaten Bulukumba berada di peringkat 12 dengan Gini Rasio sebesar 0,39 dan pada tahun 2016 naik ke peringkat 9 dengan Gini Rasio sebesar 0.37.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bulukumba, Mattaliu kepada Beritabulukumba.com menuturkan bahwa hasil survey ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa ketimpangan pendapatan yang diterima masyarakat Kabupaten Bulukumba tidak terlalu jauh berbeda secara umum.

“Hasil 0,32 itu berarti pendapatan masyarakat Bulukumba berada ditingkat sedang, tapi apabila melihat hasil dari 2015 lalu, hasil ini sangat bagus, karena Pemkab Bulukumba berhasil menekan angka ketimpangan pendapatan di masyarakat semakin kecil,” tutur Mattaliu, saat ditemui di ruangan kerjanya, Rabu, 14 Maret 2018.

Lanjutnya hasil survey ini juga menunjukkan peningkatan pendapatan masyarakat bawah yang semakin meningkat dan semakin memperkecil ketimpangan pendapatan dengan masyarakat atas.

“Secara umum, pendapatan masyarakat Bulukumba dari tahun ke tahun semakin merata, jadi ketimpangan antara masyarakat bawah dan masyarakat atas semakin kecil,” ungkap Mattaliu.

Mattaliu berharap dengan hasil ini, kedepannya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba bisa lebih memacu peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakatnya.

Loading...