Hilmar Farid Serahkan Sertifikat Pinisi dari UNESCO 

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diwakili Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hilmar Farid, menyerahkan sertifikat pengakuan Pinisi sebagai Warisan Dunia Takbenda dari UNESCO kepada Gubernur Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang diwakili Wabup Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Bontobahari, Kecamatan Bontobahari, Selasa malam, 27 Maret 2018. 

Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba menyambut baik penyerahan sertifikat pengakuan Pinisi sebagai Warisan Dunia Takbenda dari UNESCO. Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto mengatakan, penyerahan sertifikat Pinisi tersebut merupakan momentum yang sangat baik atas peradaban masyarakat Bulukumba. 

Sebuah kehormatan bagi Pemkab dan masyarakat Kabupaten Bulukumba karena Kemendikbud menginisiasi penyerahan sertifikat.

“Terima kasih kepada Kemendikbud, terutama pak Dirjen yang telah hadir di Bulukumba, berinteraksi dengan masyarakat Bulukumba yang telah menanti sejak lama pengakuan Pinisi sebagai Warisan Dunia,” kata Tomy Satria Yulianto saat sambutan.

Sebelumnya, Pemerintah RI menerima sertifikat pengakuan Pinisi sebagai Warisan Dunia Takbenda dari UNESCO di pulau Jeju, Korea Selatan, Desember 2017 lalu. Penyerahan sertifikat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI oleh Hilmar Farid disaksikan Gubernur Sulsel yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Musaffar Syah, serta sejumlah tokoh pembuat kapal Pinisi. 

  • Whatsapp