Tim Surveyor KARS Disambut Meriah di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba

oleh

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Tim surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang tiba di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sul – Sel. Disambut meriah oleh puluhan karyawan dan karyawati rumah sakit, yang terdiri dari unsur manajemen, para dokter, bidan dan perawat. Ketiga tim surveyor tersebut tiba di RSUD pada pukul 08.30 pagi, pada Senin (23/4/2018)

Ketiga tim surveyor tersebut yakni dr. Yan Aslian Noor, MPH (Ketua Tim), dr. Zainal Abidin, Sp.THT (Anggota Tim), dan Ns. Ni Made Murtini, S.Kep (Anngota Tim). Seperti diketahui kedatangan tim tersebut dalam rangka melakukan survei remedial akreditasi kepada ketiga pokja akreditasi rumah sakit yaitu Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI), Manajemen Penggunaan Obat (MPO), dan Millennium Developments Goals (MDG’s).

Bapak Bupati Bulukumba A.M. Sukri Sappewali, yang hadir dalam acara tersebut dalam sambutannya sebelum membuka pertemuan yang dipusatkan di lantai 3 gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD. Dihadapan puluhan karyawan RSUD, dirinya Menekankan pentingnya pemberian pelayanan yang maksimal kepada seluruh pengunjung rumah sakit.

“Kita mengharapkan pelayanan di rumah sakit semakin hari akan semakin baik, olehnya itu rumah sakit harus menerima kritikan yang dijadikan sebagai bahan evaluasi dan juga demi perbaikan pelayanan kedepannya”. Ujarnya

Sementara itu ketua tim surveyor, dr. Yan Aslian Noor, MPH. Dalam kesempatan itu, menyampaikan bahwa survei yang akan dilakukan terdiri dari dua jenis yaitu survei dengan melakukan telusur dokumen di 3 pokja dan pokja terkait yang terdiri dari dokumen Kebijakan dan dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP), serta survei telusur ruangan untuk memastikan ruangan tersebut sudah sesuai standar atau belum.

“Dari hasil telusur itulah akan diberikan nilai sesuai dengan fakta yang ditemukan”. Ungkapnya

Seperti diketahui pada survei akreditasi tahun lalu ada beberapa rekomendasi tim surveyor yang diberikan kepada rumah sakit untuk kemudian ditindak lanjuti. Seperti adanya ruangan penyimpanan khusus Berkas Rekam Medis, penyediaan ruang perpustakaan, dan media edukasi pasien (brosur, leaflet, banner, dan spanduk).

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (plt) Direktur RSUD, dr. H. Abdur Rajab H, MM. Mengemukakan bahwa persiapan remedial akreditasi telah dilakukan jauh jauh hari sebelumnya, salah satunya ialah melengkapi dan melaksanakan seluruh rekomendasi tim surveyor.

“Dengan berkumpulnya kami hari ini dirumah sakit, itu berarti kami telah siap untuk di survei. Dan semoga dengan remedial, rumah sakit akan meraih akreditasi paripurna”. Harapnya.