H-1 Pilkada Sinjai, KPU “Tendang” Cabup Petahana

oleh

SINJAI – Salah satu paslon pada Pilkada Sinjai, Sulsel ditendang KPU setempat sehari sebelum pencoblosan. Paslon nomor urut dua Sabirin Yahya-Andi Mahyanto Massarappi didiskualifikasi Selasa, 26 Juni 2018.

Menurut KPUD,Sabirin-Mahyanto dibatalkan dari pencalonan dengan alasan terlambat menyetorkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). Paslin petahana ini melaporkan LPPDK pada Minggu, 24 Juni.

Meski memasukkan LPPDK pada hari terakhir, namun melebih jam tenggat akhir yang tercantum dalam Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2017. LPDP terlambat dari batas waktu pengumpulan, pada pukul 18.00 Wita.

Tahapan pemungutan suara di Pilkada Sinjai tetap berjalan sesuai jadwal. Pihak Sabirin-Mahyanto masih diberi waktu tiga hari untuk melayangkan banding.

Hanya saja jika Sabirin-Mahyanto meraih peringkat teratas, maka posisinya digantikan oleh paslon di peringkat kedua. Selain Sabirin-Mahyanto, Pilkada Sinjai juga diikuti paslon nomor urut satu Takyuddin Masse-Mizar Rahmatullah Roem dan pasangan nomor urut tiga, A Seto Gadistha Asapa-A Kartini.