Terlibat Kampanye Nurdin Abdullah Pada Pilgub Lalu, Oknum Kades dan Guru Divonis 3 Bulan Penjara

oleh

BULUKUMBA, BBO – Kepala Desa Barugae, Jabal Nur dan seorang ASN oknum guru di SMP 14 Bulukumba, Aswal Alam divonis kurungan 3 bulan penjara oleh hakim pengadilan negeri Bulukumba. Jumat (6/7/2018).

Keduanya dijatuhi vonis 3 bulan penjara dengan masa percobaan selama 6 bulan karena terbukti melakukan pelanggaran larangan kampanye bagi Kepala Desa dan ASN yang tertuang dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 71 dengan ketentuan Pidana Pasal 188.

Sidang Pembacaan putusan dakwaan atas dugaan Tindak Pidana Pemilihan Nomor Perkara 111/Pid.sus/2018/PN Blk dengan terdakwa Aswal Alam seorang ASN Guru SMP 14 Bulukumba dan Nomor Perkara 110/Pid.sus/2018/PN dengan terdakwa Jabal Nur, Kepala Desa Barugae Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba dipimpin oleh Hakim Ketua Sutiono, didampingi Hakim Anggota, Yusti Cinianus Raja dan Lely Triantini, Panitera Haeruddin serta Jaksa Penuntut Umum, Ryan Ardiansyah dan Raka.

“Mereka berdua terbukti melanggar pasal 188 Junto paslon 71, terlibat dalam Kegiatan kampanye dialogis calon nomor 3, NA-ASS pada 25 mei 2018 kemarin,” ujar Bakri Abu Bakar, komisioner Panwaslu Bulukumba.

Dimana dalam pasal 188 Junto pasal 71 uu 10 thn 2016 disebutkan, “Setiap pejabat negara, Pejabat Aparatur Sipil Negara, Kepala Desa atau sebutan lain /Lurah dilarang membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon,” tutup Bakri.

Kedua Terdakwa diberi kesempatan selama satu minggu untuk memasukkan Pledoi atau sanggahan atas putusan tersebut.

Untuk diketahui, keduanya ditemukan oleh Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Bulukumpa hadir dan aktif mengikuti kegiatan kampanye dialogis calon Gubernur Sulsel nomor urut 3 NA-ASS pada 25 Mei 2018 lalu di kediaman kr. Ranreng di lingkungan Jawi-Jawi, Kelurahan Jawi-Jawi.