RSUD Terima Sertifikat Paripurna, Masyarakat: Semoga Pelayanannya Juga Bintang Lima

oleh

BULUKUMBA, BBO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan resmi menyandang Akreditasi Paripurna atau Akreditasi Bintang Lima oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Penetapan RSUD Andi Sulthan Daeng Radja sebagai akreditasi paripurna ditandai dengan penyerahan secara langsung Sertifikat Paripurna oleh Ketua KARS dr. Sutoto kepada Direktur RSUD, dr. Abdur Rajab di gedung Epicentrum Walk Jakarta, Senin (9/7/2018).

Penerimaan Sertifikat Akreditasi Paripurna Bintang Lima ini, setelah KARS melakukan survei remedial akreditasi pada tiga Kelompok Kerja (Pokja) Akreditasi yang berlangsung pada bulan April 2018 lalu. Dari hasil penilaian KARS, rata rata nilai yang diperoleh oleh setiap pokja sudah di atas 80%.

Hal itu membuat secara langsung menempatkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, meraih predikat Akreditasi Paripurna.

Pelaksana Tugas (plt) Direktur RSUD, dr. Abdur Rajab menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan agenda besar rumah sakit yakni remedial akreditasi, secara khusus dirinya berterima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Bulukumba yang mensupport rumah sakit sehingga membawa RSUD meraih nilai terbaik.

Dikatakannya, survei remedial lalu pada tiga pokja remedial akreditasi yakni, Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI), Manajemen Penggunaan Obat (MPO), dan Millennium Developments Goals (MDG’s) memiliki nilai sudah di atas 80%, bahkan keseluruhan 15 pokja akreditasi yang ada di rumah sakit rata rata perolehan nilainya secara keseluruhan sudah di atas 80% artinya tidak ada lagi pokja yang berwarna kuning yang menunjukkan nilainya dibawah 80.

“Dari hasil rilis KARS per tanggal 21 Mei 2018 yang lalu, telah menempatkan RSUD Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba meraih Akreditasi Bintang 5 (Lima) atau Akreditasi Paripurna yang merupakan akreditasi tertinggi untuk pelayanan kesehatan,” ungkap Abdur Rajab.

“Alhamdulillah, kami sudah menerima sertifikatnya secara langsung, sebagai bukti bahwa RSUD Andi Sultan Daeng Radja memiliki status akreditasi paripurna atau bintang lima,” lanjutnya.

Diterimanya sertifikat Paripurna RSUD tersebut tentu merupakan angin segar untuk kabupaten Bulukumba, namun disisi lain masyarakat justru menaruh harapan tinggi agar sertifikasi bintang lima tersebut berbanding lurus dengan pelayanan RSUD yang selama ini banyak menuai sorotan, utamanya pada pelayanan dokter.

“Yah Alhamdulillah kalau sudah naik tingkatan. Kami masyarakat ikut senang. Dan semoga pelayanannya juga bintang lima. Harus ditingkatkan jangan seperti selama ini yang terus-menerus dikeluhkan,” ujar Rahman warga kelurahan Caile.

“Inikan ceritanya sudah naik kelas nih jadi Rumah Sakit rujukan. Harapan saya semoga pelayanannya tidak bikin malu, RSUD harus segara mengevaluasi pelayanan,” kata Eki warga lainnya di Lapangan Pemuda.