Kasus 49 M Disebut Hoax, Mahasiswa Tantang Bupati Laporkan Andi Ichwan

oleh

BULUKUMBA, BBC – Sekertaris Inspektorat kabupaten Bulukumba, Nurjalil menyebut kasus dugaan suap 49 Miliar yang diposting salah seorang oknum ASN, Andi Ichwan di Sosial Media Facebook adalah pembohongan publik atau Hoax.

” Dalam pemeriksaan ia mengakui kalau postinganya bohong, jadi semua itu tidak benar,” kata Nurjalil.

Hal itu disampaikannya saat menerima aspirasi puluhan mahasiswa PPM Sulsel yang menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Inspektorat, Jalan Serikaya, kecamatan Ujung Bulu Bulukumba. Rabu (11/07/2018).

Mantan Kabag Hukum Sekretariat Kantor Bupati itu menegaskan jika Andi Ichwan telah mengakui bahwa status unggahannya itu adalah pembohongan publik dan tak dapat dibuktikan sesuai pada hasil pemeriksaan inspektorat kepada ASN di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) itu.

Sementara mahasiswa yang mendapat penjelasan tersebut kemudian menantang Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali untuk melaporkan Andi Ichwan jika memang apa yang disampaikan Inspektorat itu benar.

“Ini telah merusak nama baik bupati, ini harus ditindak tegas, lapor jika memang ini tidak benar,” desak Sudirman, koordinator aksi.

Seperti diketahui, polemik indikasi dugaan suap dana 49 M proyek irigasi dari kementerian PUPR mencuat setelah salah seorang ASN, Andi Ichwan AS mengunggah sebuah status di akun Facebook miliknya beberapa waktu lalu. Dalam status tersebut ia menuliskan tentang dugaan suap untuk pencairan dan DAK penugasan tahun anggaran 2017 di kementerian PUPR.