Kerennya Bupati Dan Menteri Pariwisata Kenakan Pakaian Adat Kajang

oleh

JAKARTA, BBC – Pemandangan membanggakan untuk kabupaten Bulukumba terlihat pada acara Lounching Calender of Even Sulawesi Selatan 2018 di Jakarta, Kamis (12/07/2018) malam.

Menteri Pariwisata, Arif Yahya tampak keren mengenakan pakaian adat suku Kajang asli kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Berbalut kain serba hitam, Arif Yahya membuka acara yang berlangsung di gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata itu.

Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa tidak mudah untuk masuk dalam top 100 kalender even nasional, karena seleksinya sangan ketat, dan akan mendapatkan support/perhatian khusus dari pemerintah pusat.

Pemerintah pusat berharap pelaksanaan even tersebut harus berstandar nasional, sehingga semakin menarik para wisatawan untuk hadir pada acara tersebut nantinya.

Pengembangan destinasi di sulsel, Pemerintah Pusat juga tetap akan mensuppor beberapa even yaitu Wonderfull Malino Kabupaten Gowa, Festival Danau Tempe di Wajo, Takabonerate di Selayar serta Marathon di Toraja.

Pemerintah Pusat akan mempromosikan dengan baik apa yang menjadi kalender even nasional ini, dan sangat berharap pemerintah daerah agar serius dalam mengelola pariwisata di daerahnya.

“Bupati dan DPRD harus komitmen dalam memajukan pariwisata, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa semakin membaik,” pinta Arif.

Mengelola pariwisata, lanjut nya harus di keroyok, jangan hanya dinas pariwisatanya saja yang bekerja, “Dinas-dinas lainnya juga ikut terlibat langsung, sehingga proses pengembangan destinasi wisata di daerah berlangsung dengan cepat,” ajak Arif.

Mengakhiri sambutannya, menteri pariwisata didampingi para bupati, walikota yang hadir melaunching kalender even pariwisata dengan ditandai pemukulan ellung lesung dan penyerahan cinderamata dari para bupati ke menteri pariwisata.

Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali yang juga mengenakan pakaian adat kajang sangat berterima kasih dengan masuknya Festival Pinisi dalan Wonderfull Even Nasional Tahun 2018, karena dengan Even ini Pemkab akan menambah geliat pariwisata di Bulukumba.

Even ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat bulukumba khususnya daerah yang menjadi tujuan wisatawan asing dal wisatawan lokal.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba saat ini semakin menggenjot pembangunan di sektor pariwisata, karena sektor pariwisata diharapkan akan menjadi motor pendapatan asli daerah.

“Kabupaten Bulukumba kaya akan potensi wisata, khususnya wisata bahari dan wisata pegunungan. Olehnya itu, Pemkab sangat berharap Pemerintah Pusat banyak menggelontorkan dana ke bulukumba guna percepatan pembangunan sektor pariwisata,” harap AM Sukri.

Pada kesempatan ini pula, AM Sukri mengundang langsung Bapak Menteri Pariwisata untuk hadir langsung pada acara Festival Pinisi yang tidak lama lagi akan dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba.

Seperti diketahui, Kabupaten Bulukumba, Tana Toraja dan Kota Makassar merupakan 3 daerah yang masuk dalam wonderful even nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Kabupaten Bulukumba dengan Festival Pinisi, Kabupaten Tana Toraja dengan Loveli Desember serta Kota Makassar dengan even Festival F8.