Keren, Obor Api Asian Games Akan Dikawal 3 Pinisi ke Tanjung Bira

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA, BBC – Obor Api Asian Games (Torch Relay) akan tiba di Bulukumba pada tanggal 28 Juli 2018 mendatang. Kabupaten Bulukumba menjadi daerah yang dilintasi parade Torch Relay Asian Games setelah obor tersebut tiba dari Papua.

Sesuai rencana, Obor Api Asian Games ke 18 tersebut dijemput di perbatasan Bantaeng-Bulukumba yang diarak oleh komunitas mobil dan motor menuju Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Bontobahari. Di sepanjang jalan menuju PPI termasuk melewati Bundaran Pinisi, masyarakat dan siswa-siswa akan menyambut arakan Obor Api tersebut.

Di PPI Bontobahari, rombongan disambut tarian adat kemudian naik perahu Pinisi menuju pantai Tanjung Bira. Menurut Kadis Pariwisata Ali Saleng, pihaknya telah menyiapkan tiga buah Pinisi yang akan mengantar rombongan Torch Relay. Selain itu Pinisi akan dikawal dengan 45 kapal lainnya yang berbobot 25 sampai 45 GT.

“Jumlah 45 kapal itu merupakan simbol dari jumlah negara peserta Asian Games. Setiap kapal akan dihias dan menampilkan bendera masing-masing negara,” ungkap Ali Saleng pada rapat persiapan Torch Relay di ruang Rapat Bupati, Rabu (18/07/2018).

BACA JUGA:   Real Count Sementara KPU, ST15 33 Persen, Andalanta 26%

Pantai Tanjung Bira menjadi pusat dari puncak acara ceremony parade Torch Relay Asian Games yang akan berlangsung sampai malam hari. Berbagai acara telah disiapkan untuk mengisi acara puncak tersebut, termasuk tarian adat dan kolosal.