Ini Nama-Nama Mantan Napi Nyaleg di Bulukumba Yang Berkasnya Ditolak KPU

oleh

BULUKUMBA, BBC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba menolak sementara empat berkas bacaleg pasca verifikasi yang sebelumnya di daftarkan oleh masing-masing partai untuk menjadi kontestan pada pileg 2019 mendatang.

Ditolak atau Tidak Memenuhi Syaratnya (TMS) bacaleg tersebut disebabkan mereka tercatat pernah dipidana atau berkasnya cacat hukum.

“Atas putusan pengadilan menyatakan, mereka pernah dipidana maka statusnya saat ini TMS. Sebagai penyelenggara kami berpedoman di PKPU No 20,” kata, Syamsul Bahri, salah seorang komisioner KPU kepada wartawan, Sabtu (21/07/2018).

Selain pernah dipidana, ada juga beberapa berkas yang belum dilengkapi seperti pernyataan pada media bahwa yang bersangkutan pernah menjalani hukuman dan sudah dari pimpinan redaksi media.

“Kekurangan berkasnya harus dimasukkan kembali ke KPU Bulukumba selama proses perbaikan yang mulai 22 Juli sampai 31 Juli,” ungkap Syamsul.

Bacaleg Yang Berkasnya Ditolak KPU

Keempat bacaleg tersebut, yakni Juharta dari Partai Nasdem, A. Muktamar dari Partai Berkarya, Andi Muchtiar Mappamadeng dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Arkam Buhari dari Partai Golkar.

Dalam PKPU No 20 Pasal 4 ayat 3, tercantum jelas pengajuan bakal calon yang dipersyaratkan adalah bukan Bacaleg yang cacat hukum. Seleksi bakal calon juga harus dilakukan terbuka dan secara demokratis dengan tidak menyertakan mantan terpidana seperti bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, dan korupsi.

“Lolos atau tidaknya, KPU masih menunggu yudisial review PKPU, itupun jika diterima oleh Mahkamah Agung,” tandas mantan wartawan Celebes itu.