Ditengah Defisit, Pemkab Gelontorkan Rp500 Juta Untuk Torch Relay Asian Games di Bulukumba

oleh

BULUKUMBA, BBC – Kabupaten Bulukumba saat ini tengah mengalami defisit anggaran sebesar Rp.42 Miliar. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk menyambut Torch Relay dan Kirab Obor Asian Games 2018.

Itu terlihat ketika Pemkab menggelontorkan anggaran Rp.500 Juta khusus di Dinas Pariwisata dalam menyambut pagelaran Torch Relay Asian Games yang akan berlangsung 28 dan 29 Juli 2018 besok di Pantai Tanjung Bira, Bulukumba.

Loading...

“Kurang lebih 500 Juta untuk keseluruhan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Muh Ali Saleng kepada Beritabulukumba.com beberapa waktu lalu.

Keseluruhan anggaran Rp.500 juta itu, menurut Ali Saleng merupakan anggaran khusus di Dinas Pariwisata dipergunakan untuk berbagai keperluan selama Torch Relay event olahraga seantero Asia itu berlangsung di Bulukumba.

Termasuk penyambutan kirab obor yang akan diarak mulai perbatasan Bantaeng-Bulukumba menuju Pantai Bira, serta anggaran perlengkapan lainnya seperti Spanduk, Baliho, umbul-umbul, dan keperluan rapat.

“Yang jelas ada perjalanan kordinasi dengan Provinsi, Rakor inasgok di Jakarta, Ada rapat, Penjemputan, Malam resepsi, Cetakan spanduk baliho dan umbul-umbul, serta sewa Pinisi dan sewa perahu speedboat,” jelas mantan Sekretaris Dewan DPRD Bulukumba itu.

Khusus perahu Pinisi yang akan mengawal obor, Ali mengaku telah menyewa 3 buah kapal Pinisi milik pengusaha, lantaran hingga saat ini Pemda belum memiliki sendiri ikon kabupaten Bulukumba itu.

“Anggaran sewa pinisi sekitar Rp.50 juta. Pemda tidak punya Pinisi. Sampai saat ini BBM nya kita siapkan. Mudah-mudahan nanti ada tommi pinisinya Pemkab,” tandasnya.

Persiapan menyambut kirab obor di kabupaten Bulukumba sepertinya memang telah matang dilakukan setiap pihak. Itu terlihat dari berbagai Spanduk, Baliho, serta Umbul-umbul yang telah bertebaran di jalan yang akan dilalui arak-arakan kirab Obor. Bahkan Ikon Pinisi di tengah ibukota Bulukumba layarnya diganti dengan Umbul-umbul Asian Games 2018.

“Jika bukan Wakil Presiden pak JK yang¬† akan datang, mungkin menteri pertanian yang akan turut mengawal kirab Obor,” ujar Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali saat menggelar Gladi penyambutan bersama gabungan pihak keamanan di ICDT, Jumat (27/07/2018).

Loading...