Kareso Institute Gelar FGD Bersama Masyarakat Desa Balibo, Ini Yang Dibahas

oleh

BULUKUMBA, BBC – Kareso Institute Bulukumba menggelar Fokus Group Discussion (FGD) bersama warga desa Balibo, kecamatan Kindang, Bulukumba. Senin (30/07/2018).

Diskusi Grup Terbatas ini sebagai ruang untuk menginterpretasi data spasial penutup dan penggunaan lahan Desa Balibo yang telah terhimpun dalam kegiatan sebelumnya.

Loading...

Sebelumnya, Kareso Bulukumba bersama masyarakat dan pemerintah Desa Balibo telah melaksanakan dua kegiatan yang terkait dengan kegiatan pemetaan partisipatif batas wilayah desa, serta pemanfaatan ruang desa di Desa Balibo, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan pertama yaitu lokalatih pemetaan partisipatif, dan kegiatan kedua yaitu survei batas desa dan penggunaan lahan di Desa Balibo.
Kegiatan ini difasilitasi oleh organisasi Kareso Institute Bulukumba.

Kegiatan ini juga sejatinya adalah proses pengumpulan data spasial kondisi faktual baik wilayah maupun kondisi sosial yang ada di Desa yang dilakukan secara partisipatif bersama masyarakat.

Output dari kegiatan tersebut adalah tersedianya data spasial terkait batas desa, kondisi eksisting ruang desa, serta pola pemanfaatan sumber daya alam di desa.

” Kareso Institut telah berkomitmen untuk bersama memujudkan pembangunan Desa yang inklusif dan senantiasa berpihak kepada masyarakat Desa”, terang Muhammad Harisah, Direktur Kareso Bulukumba.

Selain itu, dia berharap setelah kegiatan ini selesai, desa akan lebih mudah dalam menetapkan program kerja di desa.

“Kegiatan pemetaan partisipatif batas desa dan perencanaan ruang desa yang berkelanjutan dapat memudahkan Desa dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) serta datanya bisa terintegrasi langsung dalam Sistem Informasi Desa,” jelas Muhammad Harisah.

Sementara Kepala Desa Balibo, Muh. Nasran Ma’arif, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Pemerintah desa Balibo sangat mendukung kegiatan yang melibatkan masyarakat, terutama kegiatan pemetaan ini akan memberikan informasi yang objektif terkait kondisi yang ada di Desa Balibo,” ujarnya.

“Kami berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan ini ke tahap selanjutnya yaitu Perencanaan pemanfaatan ruang Desa,” Tutup Nasran Ma’arif.

Loading...