Pedagang Makassar: Hewan Kurban Kami Sudah Disuntik Vaksin

oleh

MAKASSAR, Beritasidrap.com – Pedagang hewan kurban semakin menjamur di ruas Jalan Hertasning, Kota Makassar. Apalagi memasuki H-7 Hari Raya Idul Adha, Selasa 14 Agustus 2018.

Pantaun di lokasi, penjual menawarkan hewan kurban seperti sapi, kerbau atau kambing. Silih berganti, terlihat pembeli menyambangi tempat para penjual.

Loading...

Tak sedikit warga melakukan kesepakatan dan transaksi. Pedagang juga memberikan penawaran pengambilan hewan pada hari H.

“Ada yang langsung angkut hewannya ada juga nanti lebaran,” kata Darwi, penjual ternak asal Jalan Manggarupi, Somba Opu, Kabupaten Gowa. Soal harga, Dia mengatakan hewan kurban dijual bervariasi.

Selain jenis ternak, harga juga tergantung pada bobot hewannya. Sapi yang berukuran besar misalnya di jual dengan harga mencapai Rp20 juta per ekor.

“Untuk sapi yang berukuran sedang di jual dengan harga mulai 8 juta hingga 10 juta,” katanya lagi.

Dia juga tak membantah jika harga hewan ternak yang dijajakan berbeda dengan hari biasanya. “Pasti naik (harga) karena ini musim qurban,” tambah Dia.

Darwi bersama rekannya menjual hewan ternak di Jalan Hertasning atas izin pemilik lahan. Hewan yang ditawarkan katanya dijamin sehat. ” Hewan kami sehat sudah disuntik vaksin,” tutupnya.

Hari Raya Idul Adha menurut pengumuman pemerintah jatuh pada Rabu, 22 Agustus 2018. Lebaran Haji biasa juga disebut lebaran kurban. Masyarakat muslim yang mampu diwajibkan berkurban pada hari itu.

Citizen Report: Ikhwan Syaiful

Loading...