Arti Merdeka Baznas Bulukumba: Jika Siswa Belajar Dengan Nyaman

oleh
Ustad Yusuf Shandy saat memberi motivasi ke siswa MTS Sehati, Ujungloe. Selasa (15/08/2018).

BULUKUMBA, BBC“Arti kemerdekaan sesungguhnya ialah jika siswa/pelajar kita bisa menikmati pelajaran dengan nyaman tanpa ada kendala”.

Demikian hal yang disampaikan ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba, Yusuf Shandy saat menyerahkan bantuan ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sehati, yang berada di Ulu Tedong, desa Garanta, kecamatan Ujungloe, Bulukumba. Selasa (15/08/2018) lalu.

Sebelum menyerahkan bantuan yang diterima langsung oleh kepala MTS tersebut, Ustad Yusuf Shandy sapaan akrabnya, lebih dahulu memberikan motivasi dan inspirasi kepada para siswa untuk terus bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu.

“Siapa yang bersungguh-sungguh, maka Allah alan bukakan banyak jalan menuju kesuksesan,” ucapnya di hadapan ratusan siswa dan puluhan guru MTs Sehati.

Sebagai pelanjut warisan para nabi, lanjut Yusuf Shandy tidak elok banyak mengeluh karena minimnya fasilitas serta sarana dan prasarana belajar yang dimiliki MTS.

“Kenyamanan memang penting, tetapi yang lebih penting lagi adalah kesungguhan dan ketekunan dalam belajar, termasuk saat berada di rumah masing-masing, tetaplah giat belajar; membaca dan menulis,” tambahnya.

Dia juga mengungkapkan pentingnya mempelajari bahasa dengan sungguh-sungguh, terutama bahasa Inggris dan bahasa Arab. “Bahasa itu adalah jendela dunia. Siapa menguasai banyak bahasa, dia akan menguasai banyak ilmu dan bisa keliling dunia. Apalagi madrasah itu punya keunggulan di bidang Bahasa Arab dan ilmu-ilmu keislaman lainnya,” tukas Yusuf Shandy.

Usai memberikan motivasi dan inspirasi, serah terima bantuan dilakukan dengan disaksikan puluhan guru dan ratusan siswa. “Bantuan ini bersumber dari dana zakat harta dan infak para warga Bulukumba, yang diamanahkan kepada Baznas Bulukumba untuk disalurkan kepada para mustahik melalui berbagai program, salah satunya adalah program pendidikan guna mewujudkan Bulukumba yang lebih cerdas dan mandiri,” jelasnya.

Selain itu, menurut Yusuf Shandy, dalam membangun Bulukumba, khususnya di bidang pendidikan, ada dua hal yang menjadi fokus Baznas, yaitu pembangunan fisik dan pembangunan manusianya itu sendiri.

Dengan memberikan mereka motivasi, inspirasi serta pelatihan-pelatihan di berbagai bidang, guna mewujudkan masyarakat Bulukumba yang lebih cerdas, beradab, kreatif, inovatif, mandiri dan berwawasan luas. “Dengan bekal itu semua, insya Allah pengangguran bisa ditekan, kesejahteraan masyarakat pun bisa lebih meningkat,” pukasnya.

Sementara para guru dan siswa yang menyaksikan serah terima bantuan itu menuturkan rasa terima kasih sebesar-besarnya.

Diketahui MTS yang merupakan sekolah Swasta tersebut berdiri sejak 1984. MTS ini memiliki pelajar sebanyak 141 siswa dengan enam ruang kelas belajar (RKB). Sayangnya empat dari enam RKB yang ada di MTS tersebut kondisinya sungguh memprihatinkan karena masih beralaskan tanah dan dindingnya dari papan bekas, serta atap seng seadanya.

Merujuk pada salah satu sub program prioritas, Baznas untuk pendidikan yakni menghadirkan pendidikan merata di Bulukumba.