199 Napi Lapas Taccorong Dapat Remisi, 2 Diantaranya Bebas

oleh

BULUKUMBA, BBC – Sebanyak 199 orang Narapidana binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas II A, Taccorong Kabupaten Bulukumba mendapat remisi atau pemotongan masa tahanan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73, Jumat (17/8/18).

Penerimaan remisi dilakukan dengan upacara yang dipimpin langsung Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali di dalam area Lapas Taccorong.

Ke 199 tahanan ini terdiri dari, 4 orang mendapatkan remisi 6 bulan pemotongan masa hukuman, 15 orang remisi 5 bulan, 22 orang remisi 4 bulan, 54 orang remisi 3 bulan, 59 orang remisi 2 bulan, dan 43 orang remisi 1 bulan. Adapun tahanan yang dinyatakan bebas sebanyak 2 orang.

Dalam sambutan MenkumHam menyatakan remisi merupakan salah satu sarana hukum yang penting dalam mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan. Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari.

“Remisi dapat dipandang sebagai instrumen yang penting dalam pelaksanaan sistem pemasyarakatan dalam kerangka memberikan stimulus bagi narapidana agar selalu berkelakuan baik,” ujar AM Sukri membacakan sambutan Kemenkum HAM.

Kini mekanisme pemberian remisi sudah sangat transparan dan sudah berbasis sistem yang mendayagunakan teknologi informasi berupa aplikasi sebagaimana diatur oleh Peraturan Menteri Nomor 3 tahun 2018.

“Digitalisasi pemberian remisi, kita dorong menjadi upaya untuk memangkas proses birokrasi berbelit yang sarat dengan peluang-peluang transaksional,” ungkapnya.

Setelah upacara remisi selesai, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menyelami para narapidana yang menjadi peserta upacara. Bupati dan Wakil Bupati juga sempat membeli hasil karajinan tangan narapidana berupa bingkai foto dan tempat tisu.