Boyong Kepala OPD ke Desa, Bupati: Jangan Hanya Diam di Kantor

oleh

BULUKUMBA, BBC – Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali memanfaatkan momentum pencanangan Kampung KB di Desa Tugondeng Kecamatan Herlang untuk berdialog dengan warga terkait aspirasi masyarakat di wilayah tersebut. Olehnya itu pada kegiatan tersebut, Bupati menghadirkan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diantaranya Dinas PUPR, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, dan BAPPEDA.

Hari ini saya memboyong beberapa Kepala Dinas untuk melihat langsung kondisi Desa Tugondeng. Jangan hanya tinggal diam di kantor, terjun langsung ke lapangan, sehingga bisa kita lihat dan rasakan apa yeng menjadi persoalan masyarakat kita,” ungkap AM Sukri Sappewali saat menyampaikan sambutannya di acara Pencanangan Kampung KB Desa Tugondeng, Kamis, 23 Agustus 2018.

Loading...

Kehadiran beberapa OPD di acara tersebut, diharapkan oleh Bupati agar bisa melihat apa yang menjadi kebutuhan prioritas di wilayah tersebut, untuk disinkronkan dengan apa yang menjadi hasil Musrembang tingkat desa, kecamatan, sampai kabupaten.

“Libatkan seluruh masyarakat untuk bersama-sama dalam proses pembangunan. Semua program dan kegiatan wajib melibatkan masyarakat setempat, tidak boleh mengambil pekerja dari luar untuk pelaksanaan pembangunan di desa, sehingga masyarakat juga bisa merasakan dampak dari pembangunan di desa,”pintanya.

Beberapa kesimpulan dari dialog Bupati dengan warga diantaranya gerakan pemberantasan hama babi akan kita koordinasikan dengan pihak Polres; Insentif Tenaga Penyuluh di desa direkomendasikan untuk dianggarkan dalam ADD; dan perbaikan akses jalan di Tugondeng untuk menjadi prioritas pada tahun 2019.

Diketahui pada tahun 2017 yang lalu, Kampung KB sudah terbentuk di 10 kecamatan. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencanaselaku leading sektor pada tahun 2018 ini pun akan menambah 1 kampung KB setiap kecamatan, sehingga total Kampung KB di Kabupaten Bulukumba mencapai 20 kampung atau dua kampung per kecamatan.

Menurut Kadis Pengendalian Penduduk dan KB, Kampung KB merupakan arahan Presiden agar program KB dapat menggema kembali di Indonesia, karena program ini merupakan penjabaran dari Nawa Cita Presiden Joko Widodo yaitu Membangun Indonesia dari Pelosok.

Loading...