Sempat Didemo, Bupati Bulukumba Akhirnya Temui Kelompok Nelayan

oleh

BULUKUMBA – Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali akhirnya menyambangi masyarakat pesisir Kelurahan Ela-ela Rabu 5 September 2018. Beberapa waktu lalu masyarakat ini melakukan aksi unjuk rasa yang berakhir bentrok di Kantor Bupati.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Bulukumba, Opu Mauragawali dan Ketua LSM Lidik M Darwis menyampaikan keluhan para nelayan kepada Bupati. “Laporkan segera jika ada ditemukan nelayan dari luar yang masuk dalam wilayah laut bulukumba. Serta nelayan yang melakukan pemboman di laut. Jangan sampai laut kita tercemari oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” tegas Andi Sukri.

Loading...

Selain keluhan, masyarakat nelayan juga sangat megharapkan adanya bantuan pemerintah berupa pemecah ombak, Kartu Subsidi BBM, bantuan perahu fiber dan perbaikan Jalan.

Bupati berjanji akan menindaklanjuti apa yang menjadi aspirasi masyarakat pesisir Ela-ela. Dia berharap usulan itu masuk dalam Musrembang sehingga dapat direalisasikan.

Terkait dengan kartu subsidi, Dinas Perikanan sudah melakukan koordinasi dengan SPBU yang ada di Ela-ela. Cukup dengan membawa kartu melayan dan rekomendasi dari Dinas Perikanan, maka akan dilayani oleh pertamina.

Kepala Bidang Perikanan,Fahri Amal, telah mendata nelayan di Bulukumba. Hal ini untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kartu nelayan.
“Jadi Dinas Perikanan sudah menyiapkan rekomendasi untuk Bahan Bakar Solar dan Premium,” ungkapnya.

Dinas Perikanan mengaku sedang meneliti proposal bantuan kapal fiber yang diajukan nelayan. Bupati berharap para pemuda yang ada di Ela-ela untuk membantu nelayan dalam menyusun proposal permohonan bantuan. Sehingga masyarakat tidak menghabiskan waktu untuk mengurus administrasi.

Sebelum meninggalkan tempat pertemuan, Andi Sukri secara pribadi memberikan kepada kelompok nelayan sebesar Rp 10jt untuk pembuatan rompong sebagai motivasi bagi nelayan untuk mengembangkan usahanya.

Loading...