Setelah Topan Jebi, Jepang Dilanda Gempa Bermagnitudo 6.7 SR

oleh

Sapporo – Setelah dilanda topan jebi yang menimbulkan korban jiwa pada Selasa 4 September 2018, kini terjadi gempa bumi di Jepang. Gempa berkekuatan magnitudo 6,7 itu mengguncang daerah sekitar utara Jepang.

Laporan media lokal Jepang menulis gempa tersebut telah mengakibatkan tanah longsor. Pemerintah setempat mengatakan pusat gempa berada di tenggara Sapporo yang menguncang pada pukul 03.08 waktu setempat, Kamis (6/9/2018).

Loading...

Sebuah tanah longsor sepanjang punggung bukit di Atsumi tampak terlihat dalam tayangan kantor berita NHK seperti dilansir Reuters. Banyak rumah tertimbun oleh longsor itu.

Listrik di sebagian wilayah pun diputus. Belum ada laporan korban tewas atas kejadian ini. Gempa susulan terus terjadi bermagnitudo 5,4 SR.

Gempa ini membuat tim penanggaulangan nenvana Jepang kerja ekstra. Belum lama ini terjadi angin topan yang menewaskan 10 orang dan mengungsikan ratusan ribu warga.

Kepala biro cuaca Jepang, Ryuta Kurora, mengeluarkan peringatan dengan mengatakan Topan Jebi bisa memicu tanah longsor, banjir dan tornado. Ahli meteorologi lainnya memberikan prediksi serupa.

“Angin yang merusak dan banjir pesisir mungkin merupakan dampak paling signifikan dengan badai ini,” kata ahli meteorologi AccuWeather, Adam Douty, seperti dikutip dari Deutsche Welle.

Ia menambahkan bahwa angin kencang akan memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan yang signifikan. Sehingga di beberapa daerah terpaksa diungsikan.

Loading...