Penyebar Hoaks FB “Berita Ricuh MK” Ditangkap di Warkop

oleh
Ilustrasai ditangkap polisi. Pihak ketiga

JAKARTA – Suhada Al Aqse alias SAA ditangkap aparat kepolisian karena diduga kuat penyebar rekaman video demonstrasi mahasiswa ricuh di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Pada video itu, para aksi penunjuk rasa diberitakan meminta Preisden Jokowi turun.

Pada Sabtu tanggal 15 September 2018, akun facebook An Syuhada Al Aqse yang mem-posting video demonstrasi di depan MK dengan caption, “JAKARTA SUDAH BERGERAK, MAHASISWA SUDAH BERSUARA KERAS DAN PESERTA AKSI MEGUSUNG TAGAR #TurunkanJokowi MOHON DIVIRALKAN KARENA MEDIA TV DIKUASAI PERTAHANA.”. Video berita itu pun langsung heboh dan menjadi viral media sosial Facebook (FB). Belakangan diketahui bahwa itu adalah video kegiatan anggota TNI dan Polri yang sedang melakukan simulasi penanganan keamanan dalam rangka persiapan Pemilu 2019.

Loading...

Penyidik gabungan cyber Polda Metro Jaya langsung menangkap SAA (48). Penangkapan berlangsung pada Sabtu 15 September setelah polisi menelusuri alamat pelaku. SAA diciduk kala sedang nongkrong di warung kopi dekat rumahnya, di Jalan Muara II, Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Dedi mengatakan, status SAA kini tersangka. Penyidik masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap tersangka dan saksi-saksi lainnya serta menyita barang bukti untuk segera diproses dalam berita acara pemeriksaan.

“Pasal yang diterapkan Pasal 14 dan Pasal 15 UU 1/1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45A ayat (2) UU RI No. 19 Tahun 2016 tengtang perubahan atas UU 11/2008 tentang ITE,” kata Brigjen Dedi Prasetyo, Karopenmas Divisi Humas Polri, melalui siaran pers di Jakarta, Minggu (16/9/2018).

Loading...