Resmi, Ini Panduan dan Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018

oleh
Panduan dan tata cara pendaftaran CPNS 2018. Foto by Kominfo RI

JAKARTA, Beritabulukumba.com – Tata cara pendaftaran CPNS 2018 memang banyak diulas berbagai media maupun blog di sosial media. Kini, situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), merilis petunjuk dan alur pendafataran CPNS 2018.

Ada beberapa tahapan jika ingin ikut seleksi CPNS 2018 yang berpusat melalui situs resmi SSCN BKN. Artikel terbaru terkait CPNS di halaman Kominfo menegaskan syarat utama yakni membuat akun.

Loading...

Berdasar Buku Petunjuk Pendaftar Sistem Seleksi CPNS Tahun 2018 disebutkan, langkah pertama yang harus dilakukan para peminat yang akan mendaftar menjadi CPNS adalah membuat akun di portal http://sscn.bkn.go.id. Di situs ini pelamar wajib mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga.

Jangan lupa juga mengunggah pass photo minimal 120 kb dan maksimal 200 kb dengan format .JPG, .JPEG. Patut dicatat, selama pendaftaran, pelamar hanya dapat memilih satu jabatan pada satu formasi dan satu instansi.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian yang digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai dengan ketentuan instansi. Berikut alur resmi pendaftaran CPNS 2018.

A. Membuat akun di https://sscn.bkn.go.id
– Pelamar dapat melihat informasi penerimaan CPNS 2018 melalui Portal SSCN
– Untuk melakukan pendaftaran pilih menu: Registrasi
– Pelamar mengisikan: NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga
– Pelamar mengisikan alamat email aktif, password akun portal SSCN, dan pertanyaan kemanan
– Pelamar mengunggah pass photo minimal 120 kb maksimal 200 kb dengan format .JPG, .JPEG
– Pelamar cetak Kartu Informasi Akun SSCN 2018

B. Pelamar Login ke portal SSCN menggunkana NIK dan PASSWORD yang telah didaftarkan
– Pelamar mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu
– Informasi Akun sebagai bukti telah melakukan pendaftaran pelamar melengkapi Biodata
– Pelamar memilih Instansi, formasi, dan jabatan sesuai pendidikan
– Pelamar melengkapi data pada Form yang tersedia
– Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi
– Pelamar mengecek isian yang telah dilengkapi pada Form ‘RESUME’
– Pelamar cetak KARTU PENDAFTARAN SSCN 2018

C Memilih lowongan jabatan
– Pelamar hanya dapat memilih: 1 (SATU) Jabatan pada 1 (SATU) Formasi dan 1 (satu) Instansi
– Tim Verifikator melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah/dikirimkan pelamar berdasarkan syarat pendaftaran
– Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian yang digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai dengan ketentuan instansi

D. Tes CAT BKN dan Tes Lainnya
– Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi CPNS 2018 instansi terkait
– Pelamar Wajib membaca pengumuman instansi dengan baik dan teliti
– Bila persyaratan di instansi mencantumkan bahwa pelamar harus mengirimkan berkas fisik ke alamat yang tercantum.

Pendaftaran CPNS 2018 dibuka secara resmi pada hari Rabu tanggal 19 September di halaman sscn.bkn.go.id. Sebanyak 238.015 lowongan dengan rincian sebanyak 51.271 formasi ada di Instansi Pusat, dan sisanya sebanyak 186.744 formasi ada di Instansi Daerah.

Ujian di 176 Lokasi
Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam siaran persnya mengemukakan, pihaknya mengantisipasi kemungkinan jumlah peserta seleksi yang bisa mencapai 5 hingga 6 Juta orang dan total pelamar akan melampaui total peserta. Berdasarkan review seleksi CPNS 2017, jelas Bima Haria, kesulitan update data Nomor Indentitas Kependudukan (NIK) menjadi kendala terbanyak pelamar. Karena itu, BKN berharap sistem dari Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) juga siap.

Untuk kesiapan lokasi tes seleksi CPNS 2018, menurut Kepala BKN Bima Haria Wibisana, hingga saat ini direncanakan akan dilaksanakan di 176 titik lokasi, yang terdiri dari Kantor BKN Pusat, 14 Kantor Regional BKN dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, fasilitas mandiri dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah. Untuk update persiapan pendaftaran CPNS 2018, tim SSCN BKN dan admin masing-masing Instansi sedang menginput seluruh formasi.

Loading...