Belum Bertarung 3 Bacaleg Dari Partai Ini Sudah Mundur!

oleh
Penyerahan dokumen DCT oleh KPU Bulukumba ke LO Parpol. Kamis (20/09/2018).

BULUKUMBA, BBC – Sebanyak 555 Daftar Caleg dari 15 partai peserta pemilu 2019 telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bulukumba pada Kamis 20 September 2018 kemarin.

Namun belum lagi bertarung, 3 nama Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) sudah kalah duluan lantaran mengundurkan diri.

Loading...

Sebelumnya, KPU telah menetapkan sebanyak 557 Daftar Caleg Sementara (DCS) menuju Daftar Caleg Tetap (DCT), belum lagi penetapan ke tiga bacaleg tersebut mengundurkan diri.

“Ada 3 yang mundur dengan kasus berbeda. Dua laki-laki, satu perempuan,” Kata Salah satu komisioner KPU Bulukumba, Wawan Kurniawan usai penetapan DCT.

Ketiga bacaleg mundur tersebut yang laki-laki dari Partai Nasdem dan Perindo sementara perempuan dari PAN. Wawan menambahkan untuk kasus pengunduran diri bacaleg Nasdem dan Perindo tersebut tidaklah mengganggu tahapan caleg lainnya dan partai.

Sementara untuk nomor urut yang kosong disesuaikan dan diurut kembali oleh KPU dimana caleg yang berada di bawah nomor urut yang kosong otomatis dipindahkan ke atas mengisi yang kosong.

“Untuk kasus bacaleg perempuan dari PAN beda, mundur karena melebihi kuota 30 persen keterwakilan perempuan jadi akhirnya digantikan. Itu berdasarkan SK 961 dari KPU RI tentang petunjuk pencalonan,” tandas Wawan.

Loading...