Gempa 3,1 SR di Sinjai Juga Terasa di Bulukumba, Tidak Berpotensi Tsunami

BBC – Gempa berkekuatan 3,1 Skala Richter terjadi di Timur Laut Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Senin (01/10/2018) malam.

Dilansir dari lama resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) PAGE IV, gempa ini dikabarkan tidak berpotensi tsunami.

Gempa berkekuatan kecil itu terjadi pukul 19:39:04 Wita, di 5.17 Lintang Selatan sampai 120.45 Bujur Timur dengan kedalaman 37 km Timur Laut Sinjai atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 km arah Timur Laut Sinjai pada kedalaman 38 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas Sesar Walanae. Guncangan gempabumi dirasakan di wilayah pesisir Kecamatan TelluLimpoe Sinjai Timur sebesar I SIG-BMKG (II MMI).

BACA JUGA:   Gempa 5,2 SR Guncang Pandeglang, Banten

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG. Khususnya masyarakat di pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI,” kata Joharman, Plt Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar dalam rilis melalui pesan singkat.

Iklan Iklan

Meski demikian, warga di kabupaten Sinjai sempat dilanda kepanikan hebat akibat adanya getaran yang mereka rasakan. Dari informasi yang seliweran di Sosial Media banyak dari warga yang mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

https://www.facebook.com/safei.k.sapedayya/videos/2308435452518701/

Begitu hal juga yang terjadi di daerah tetangga, kabupaten Bulukumba. Warga yang merasakan getaran juga dilanda kepanikan hebat hingga akhirnya Pemerintah Daerah turun tangan menenangkan warga yang panik dan akhirnya kembali ke rumah masing-masing.

BACA JUGA:   Gentaran Dirasakan Warga, BMKG: Gempa 4.8 SR Terjadi di Bulukumba

Cek Video Himbauan Pemkab Bulukumba Terkait Gempa Yang Buat Warga Panik Disini

BMKG Gempa Sinjai

Penulis: 
    author

    Posting Terkait