Mahasiswa UINAM Ini Ajak Kaum Milenial Kritis dan Kreatif

oleh

Makassar – Dewasa ini, generasi milenial sedang naik daun. Kaum milenial kerap menjadi topik yang cukup hangat di kalangan masyarakat khususnya mahasiswa.

Mereka memberi penilaian terhadap kaum ini di berbagai sudut kehidupan seperti di bidang pendidikan, teknologi, moral dan budaya. Tak bisa dipungkiri kebanyakan dari generasi milenial hanya peduli untuk membanggakan pola hidup kebebasan dan hedonisme.

Loading...

Sejumlah mahasiswa pun ikut angkat suara tentang generasi ini. Menurutnya, masih banyak generasi milineal yang memiliki visi yang tidak realistis. “Banyak masih terlalu idealistis, yang penting bisa gaya,” kata Fitriani iImi salah seorang mahasiswa UINAM, Sabtu (1/12/2018). Mahasiswa asal Bulukumba ini mencontohkan tagline populer generasi ini seperti “No gadget no life”.

“Mereka gak peduli, rasanya gadget saat ini menjadi separuh jiwa mereka. Memang kemudahan-kemudahan yang ditawarkan ditambah dengan akses internet tak terbatas membuat para milenial betah berselancar atau kaian game dengan gadgetnya,” katanya lagi.

Fitriani menilai hal itu sebagai hal menyedihkan. Apalagi saat ini tak sedikit generasi milineal yang memiliki pendidikan tinggi tetapi masih pengangguran. “Alasannya bermacam, mulai dari sangat susah mencari pekerjaan yang gajinya sesuai dengan pengeluaran sampai dengan tidak suka dengan sistem birokrasi dari calon perusahaannya,” katanya lagi.

Fitri mengajak generasi ini untuk dapat bermanfaat, peduli, kritis dan kreatif. “Generasi ini harus tau cara berpikir kritis, yaitu terbuka dengan apa yang ada di sekeliling. Dan gunakan media secara bijak misalnya, menghindari berita hoax,” harapnya.

Meski demikian, menurutnya secuil generasi ini sudah bisa eksis dan berhasil. “Jadi ini zamannya industri kreatif. Cari masalah yang ada di sekitar dan selesaikanlah problem melalui startup, ini contoh kecil menjadi bermanfaat, masih banyak lagi cara kreatif lain,”tutupnya.

Milenial adalah generasi muda yang berumur 17-37 pada tahun2018. Milenual dianggap spesial karena sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi.

Generasi milenial memiliki ciri khas tersendiri yaitu, mereka lahir pada saat tv berwarna, handphone modern, internet yang mudah terjangkau sehingga generasi ini sangat mahir dalam teknologi.

Di dunia sosial media, generasi millinneal sangat mendominasi jika dibandingkan dengan generasi X”generasi sebelumnya. Dengan kemampuannya di dunia teknologi dan sarana yang ada, generasi millinneals belum banyak yang sadar akan kesempatan dan peluang di depan mereka.

Laporan : Nur Afni Alami (Mahasiswa Jurnalistik 018 UINAM)

Loading...