Sen. Agu 26th, 2019

Berita Bulukumba

Media Online Kabupaten Bulukumba Sulsel

Bukan Hoax, Jembatan dekat Bili-bili Rusak Dihantam Banjir

1 min read

MAKASSAR – Banjir besar melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Gowa Sulsel, Selasa 22 Januari 2019. Selain merendam pemukiman warga, banjir juga merusak akses jalan.

Seperti rusaknya jembatan yang menghubungkan Desa Bili-bili dengan Kecamatan Bungaya, Kecamatan Biringbulu, dan Kecamatan Bontolempangen Kabupaten Gowa. Foto jembatan yang rusak parah tersebut beredar di dunia maya.

Pihak Polsek Manuju Desa Tanahkaraeng Kecamatan Manuju membenarkan kejadian. Pada foto yang diunggah memperlihatkan jembatan yang sedang putus.

Air sungai sudah mencapai ketinggian dasar jembatan. “Sekedar informasi buat masyarakat bahwa Jembatan yang berada di belakang Polsek Manuju Desa Tanahkaraeng Kec.Manuju putus tidak bisa di lalui, jembatan tersebut menghubungkan Desa bili-bili dengan Kec.Bungaya, Kec.Biringbulu, dan Kec.Bontolempangen Kab.Gowa,” tulis akun tersebut di FB.

BACA JUGA:   Hoax Bendungan Bili-bili, Dulu Jebol Kini Retak Diguncang Gempa

Namun, beberapa gambar yang menyebut Bendungan Bili-bili rusak merupakan hoax. “Telah beredar foto yang pengambilan gambar lokasi mirip bendungan bili-bili Kab.Gowa. Kami dari Pihak Polsek Manuju Polres Gowa menegaskan gambar tersebut bukanlah bendungan bili-bili melainkan jembatan yang menghubungkan Kec.Parangloe dan Desa Tamalatea Kec.Manuju yang tiap tahunnya pada musim hujan selalu dialiri air bah dari arah Malino, fungsi jembatan tersebut untuk menahan batu gunung yang terbawa air masuk kewilayah bendungan bili-bili,” tulis akun itu sebelumnya.