Tahukah Anda, Tahun Baru Imlek Dilarang Sepanjang 1968-1999

JAKARTA – Situs mesin pencari raksasa Google tak melupakan Tahun Baru Imlek 2019. Perayaan penting bagi orang Tionghoa itu menjadi tema Doodle Google hari ini, Selasa 5 Februari 2019.

Pada halaman pertama Google, muncul animasi kreatif bertema
Gong Xi Fa Cai. Tahun baru imlek memasuki tahun 2570. Seluruh warga keturunan Tionghoa menyambut tahun baru Imlek dengan sukacita dan saling mengucapkan kata Gong Xi Fa Cai.

Tahukah Anda, perayaan tahun baru Imlek dilarang di masa Orde Baru. Tahun baru Imlek tak dirayakan meriah di Indonesia sepanjang tahun 1968-1999. Dilansir dari situs Wikipedia.org, orang Tionghoa yang pertama kali mengusulkan larangan total untuk merayakan Imlek, adat istiadat, dan budaya Tionghoa di Indonesia kepada Presiden Soeharto sekitar tahun 1966-1967 adalah Kristoforus Sindhunata alias Ong Tjong Hay.

BACA JUGA:   Google Meriahkan Tahun Baru Imlek 2017 (Lunar New Year)

Namun, Presiden Soeharto merasa usulan tersebut terlalu berlebihan. Presiden kala itu tetap mengizinkan perayaan Imlek, adat istiadat, dan budaya Tionghoa diselengarakan hanya di rumah keluarga Tionghoa dan di tempat yang tertutup. Hal inilah yang mendasari diterbikannya Inpres No. 14/1967.

Iklan Iklan

Pada 6 Desember 1967, Presiden Soeharto mengeluarkan Instruksi Presiden No.14/1967 tentang pembatasan Agama, Kepercayaan dan Adat Istiadat Cina. Dalam instruksi tersebut ditetapkan bahwa seluruh Upacara Agama, Kepercayaan dan Adat Istiadat Tionghoa hanya boleh dirayakan di lingkungan keluarga dan dalam ruangan tertutup.

Instruksi Presiden ini bertujuan mengeliminasi secara sistematis dan bertahap atas identitas diri orang-orang Tionghoa terhadap Kebudayaan Tionghoa termasuk Kepercayaan, Agama dan Adat Istiadatnya. Dengan dikeluarkannya Inpres tersebut, seluruh Perayaan Tradisi dan Keagamaan Etnis Tionghoa termasuk Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh, Pehcun dan sebagainya dilarang dirayakan secara terbuka. Demikian juga tarian Barongsai dan Liong dilarang dipertunjukkan.

BACA JUGA:   Tahun 2014, Shio Kuda dalam Awan

Tahun Baru Imlek Tionghoa

Penulis: 
    author

    Posting Terkait