Sembilan Pelajar SMA 10 Bulukumba Gencarkan Literasi ke Pelosok

oleh

BULUKUMBA – Sembilan pelajar SMA 10 Bulukumba ini memperoleh banyak cerita dan pengalaman yang sangat berguna dalam gerakan mereka: ‘Literasi Pelosok.” Komunitas ini bernama Hamaika Project, dibentuk pada tanggal 11 Januari 2019.

Literasi Pelosok adalah sebuah gerakan literasi yang menyasar anak-anak desa. Mereka menggelar lapak baca gratis, mendongeng, memperkenalkan permainan tradisional, memberi motivasi dan inspirasi, dan mengajari baca tulis bagi anak-anak yang masih buta aksara.

Tercatat sudah dua kali kegiatan Literasi Pelosok digelar Hamaika Project di dua tempat berbeda di wilayah Kecamatan Rilau Ale. Debut dimulai di Lapangan Destamar, Sampeang, Sabtu 19 Januari lalu. Kedua kalinya di Dusun Jonjoro Desa Pangalloang, Selasa 6 Februari. Kegiatan mereka terselenggara atas kerjasama dengan komunitas literasi Dihyah PROject sebagai pihak penyedia buku-buku bacaan untuk dilapak.

BACA JUGA:   Penggiat Literasi Hamaika Project Lolos Final Duta Anak Bulukumba 2019

Hamaika Project awalnya diinisiasi oleh tiga orang siswa SMA 10 Bulukumba, yaitu Fifi Sri Astika, Arzal Isham, dan Annisa Amalia Amin.

Fifi Sri Astika, mengungkapkan, awalnya Hamaika Project hanyalah sebuah mimpi dari tiga orang pelajar. “Mimpi tiga pelajar ini bertemu dengan beberapa anak lainnya yang sepemikiran dengan mereka. Kami bertekad menggencarkan gerakan Literasi Pelosok di berbagai tempat secara berkala. Kami tambah bersemangat ketika kami melihat sendiri ternyata minat anak-anak desa terhadap buku sebenarnya sangat tinggi. Hanya selama ini akses mereka terhadap buku nyaris tidak ada.” Urai Fifi.

Kendala utama komunitas literasi yang bersemangat ini adalah koleksi buku yang masih sangat sedikit. Mereka mengaku senang sekali jika ada yang mau ikut berpartisipasi dalam bentuk donasi buku terutama bacaan anak-anak.

BACA JUGA:   Video Keseruan Gerakan Bulukumba Menulis di SDN 279 Talle – Talle Bulukumba

Bagi Anda yang ingin mendonasikan buku-buku bacaan untuk Hamaika Project, silakan menghubungi nomor WA:082397000916 Annisa Amalia Amin atau Pc: NurHkm.(*)