Cebotron dan Kampretron di Planet Indoxland

oleh -171 views

Di sebuah galaksi yang jauh. Di sebuah planet asing bernama Indoxland yang jaraknya dua milyar tahun cahaya dari planet bumi. Sebuah stargate super raksasa berbentuk mirip kelereng tiba-tiba muncul begitu saja. Benda itu mengeluarkan sinar yang sangat terang benderang namun seperti mengeluarkan aura dari dunia kegelapan. Tidak mengeluarkan bunyi sama sekali. Benda itu bernama Oborgate, sebuah portal gerbang bintang. Oborgate berfungsi sebagai alat teleportasi masal yang mampu menembus jarak jutaan tahun cahaya.

Dari Oborgate keluarlah makhluk-makhluk aneh. Warnanya kuning, tubuhnya mirip panda. Jumlahnya kian banyak. Awalnya ratusan, lalu ribuan, lalu jutaan, lalu berpuluh juta. Mereka adalah makhluk ras Xyellow dari Planet Chinox. Bangsa Xyellow dikenal sebagai bangsa agresor dan kolonialis. Mereka suka menjelajahi jagad raya. Bertualang di berbagai galaksi untuk mencari dan menemukan planet-planet bersumber daya tinggi. Sebelum ini telah banyak planet mereka jajah dan menguras sumber daya alamnya.

Kali ini Oborgate tiba di Planet Indoxland sebagai hasil perjanjian dengan pemimpin planet Indoxland, yaitu Janic Cukborg. Planet Indoxland sangat kaya dengan sumber daya alam. Di sini berlimpah mineral, uranium, titanium, dan lainnya. Dengan kekuatan teknologi, diplomasi, dan finansial, bangsa Xyellow berhasil memperalat makhluk ras cebotron sebagai kacung. Melalui Oborgate, semua bisa diatur. Transfer teknologi, tenaga ahli, pekerja kasar, dan sebagainya.

Loading...

Planet Indoxland dihuni oleh dua ras makhluk yaitu ras cebotron dan ras kampretron. Cebotron berada di atas angin lantaran yang menjadi pemimpin Indoxland berasal dari ras mereka, yaitu Janic.

Cebotron adalah ras makhluk yang cukup berintelegensi meskipun sebagian besar kepalanya berongga besar tidak mempunyai otak. Mereka sangat unik sebab bisa hidup di dua alam. Makhluk ini jika di planet bumi mirip hewan amfibi seperti kodok atau berudu. Mereka punya dua kaki namun berfungsi untuk melompat-lompat. Bukan untuk berjalan. Kalau sedang bergerombol beriringan mereka saling mendahului satu sama lain sambil berlompatan menginjak kepala kawannya sendiri. Mereka tipe makhluk yang ceroboh, amburadul, sangat gaduh, menyukai tempat lembab dan air kotor.

Secara umum cebotron bertabiat kasar, mental korup, tidak tertib, temperamental, intoleran, suka mengkriminalisasi, hobi mempersekusi, egois, liberal, sekuler, oportunis, mental pengkhianat, represif, dan reaksioner.

Sedangkan kampretron adalah ras makhluk berintelegensi tinggi. Mereka lincah dan memiliki penciuman sempurna. Bahkan memiliki radar sonic natural untuk menghindarkan dirinya dari bahaya. Kampretron juga mampu terbang. Matanya mampu melihat di malam gelap gulita sekalipun. Sebagian besar kampretron adalah vegetarian, pemakan buah-buahan. Sebagian kecil lainnya adalah omnivora. Namun secara umum kampretron adalah pencinta lingkungan dan sangat memperhatikan kebersihan. Mereka sangat tertib dalam berbagai hal. Dalam aksi demo pun mereka sangat tertib super damai. Tak pernah ada sampah yang berserakan sehabis demo.

Secara fisik dan penampilan, kampretron sangat mirip dengan karakter superhero Batman jika di planet bumi. Sangat fashionable namun patriotik, sopan, tertib, berwibawa, dan elegan.

Oborgate jelas merupakan jalan pintas yang sangat menguntungkan bagi makhluk Xyellow. Untuk mempertahankan Oborgate tetap berada di Planet Indoxland, mau tak mau mereka harus membantu Janic agar bisa melanjutkan pemerintahannya satu periode lagi. Dan itu berarti Xyellow memiliki waktu panjang dan matang menyempurnakan agenda besar mereka selama-lamanya di planet Indoxland. Satu periode lagi bagi Janic maka sesungguhnya adalah merupakan waktu selama-lamanya bagi Xyellow bercokol menguasai Indoxland. Secara de facto maupun de jure. Sebagaimana pengalaman mereka selama ini ketika berhasil menaklukkan planet Tiberion, Turkistron, Angolagarden, Srilankaland, Zimbabwegarden, dan lainnya.

Satu-satunya penghalang terbesar bagi Xyellow adalah perlawanan secara konstitusional dari kaum kampretron yang heroik itu. Bangsa Xyellow tidak ingin gagal seperti yang pernah mereka alami di Planet Malayailand dan Maladevtron. Kaum oposisi di dua planet itu menang telak dan mengakibatkan agenda-agenda besar Xyellow harus terkunci mati.

Selama ini Xyellow juga dibantu oleh keturunan mereka, 9 Cacingborg yang merupakan konglomerat hitam penyokong finansial di Planet Indoxland. Pemilihan pemimpin baru nanti, Xyellow mengerahkan pekerja kasar paling sedikit 31 juta orang yang datanya sudah disusupkan ke server data calon pemilh. Tentunya ini dilakukan dengan kerjasama apik bersama rezim. Apakah Janic bisa dimenangkan? Di atas kertas, mungkin ya. Sedangkan di kalangan kampretron, mereka juga tetap optimis bisa mengalahkan Janic dengan bantuan “kekuatan langit.”(*)

Pelajaran moral: Dua bacaan favorit Janic yaitu komik Sinchan dan Doraemon ternyata sudah tidak laku di Planet Indoxland.