Aktivis dan Mahasiswa Tuntut Kapolres Bulukumba Dicopot

BULUKUMBA – Kapolres Bululumba AKBP Syamsu Ridwan dituntut agar dicopot dari jabatannya. Tuntutan tersebut digaungkan sejumlah kelompok mahasiswa dan aktivis, Senin 4 Maret 2019. Puncaknya, ketika salah seorang aktivis ditangkap oleh aparat di lokasi konflik yang diduduki masyarakat adat Kajang.

Kabar terbaru, aktivis bernama Nuralim sudah dilepas pihak aparat. Tuntutan agar Kapolres Bulukumba juga datang dari FPR hingga Front Mahasiswa Nasional Cabang Kupang.

Mereka mendukung penuh perjuangan masyrakat Adat Keaang Bulukumba. “Copot Kapolres Bulukumba dan tarik mundur aparat dari lokasi pendudukan Masyarakat Adat Kajang Bulukumba. POLRI bukan insitusi yang berkewakijiban melindungi Koorporasi,” isi pernyataan sikap yang diterima Beritabulukumba.com.

Iklan Iklan

Mahasiswa juga mengecam PT. Lonsum Indonesia Tbk dan PUK Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Palangisang Estate yang telah melakukan pembongkaran rumah-rumah (tenda) warga secara paksa.

BACA JUGA:   Jelang Pilgub 2018, Tim Patroli Media Cyber Polres Bulukumba Siap Cegah Penyebaran Info Hoax

“Mendesak Pihak Kepolisian dalam hal ini Polda Sulawesi Selatan POLDA SULSEL dan Polres Bulukumba untuk menindak tegas pekerja PT. Lonsum dan Pengurus PUK Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Palangisang Estate yang telah merusak dan membongkar secara paksa rumah-rumah (tenda) warga,” isi rilis itu. Pada pernyataan lain, mereka mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba untuk segera memastikan kedatangan Tim Kecil untuk melakukan peninjauan lokasi dan rekonstruksi batas HGU PT. Lonsum dan tanah masyarakat adat Kajang. Termasuk mendesak pemerintah tidak menerbitkan rekomendasi perpanjangan/perbaharuan HGU PT Lonsum sebelum seluruh tanah masyarakat adat Kajang, tanah masyarakat adat Bulukumpa Toa, tanah warga yang bersertifikat, dan tanah milik warga sesuai hasil keputusan Mahkamah Agung dikeluarkan dari objek HGU PT. Lonsum.

BACA JUGA:   Kapolres Bulukumba Tandatangani Komitmen Bersama Dengan Dinas P3A

Kapolres Bulukumba

Penulis: 
    author

    Posting Terkait