Hasil Survei Internal dan Lembaga Independen Menangkan Prabowo-Sandi

oleh

JAKARTA – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mengaku memiliki tim survei internal pada Pilpres 2019. Hal itu membuat punggawa BPN tak kaget dengan hasil survei yang diduga bayaran.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade membocorkan hasil survei internal. Saat ini pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno unggul tipis atas rivalnya Joko Widodo – Ma’ruf Amin.

Menurut Andre, elektabilitas pasangan PAS sudah mencapai 48 persen. Sementara paslon Jokowi Ma’ruf meraih 45-46 persen. “Tim survei kita sama saat Anies-Sandi di Pilkada Jakarta. Belum kita publis,” tegasnya.

Kemenangan Prabowo Sandi juga dirilis sebuah lembaga survei independen. Hal tersebut diungkap Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono Jumat 8 Maret 2019.

BACA JUGA:   Jadwal kampanye Prabowo: hari ini giliran Jawa Timur

Hasil survei itu mengejutkan karena dengan telak memenangkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. “Tingkat keterpilihan Prabowo-Sandi sudah mencapai 54,3 persen dari 2.661 responden. Dibanding Jokowi Ma’ruf hanya 40,4 persen. Sebanyak 5,3 persen tidak menjawab,” beber Poyuono, Jumat 8 Maret 2019.

Arief mengatakan lembaga survei itu bekerja sama dengan jaringan mahasiswa dan buruh. Anggaran lembaga survei tersebut didanai oleh asing.

Masa survei berkisar antara 23 Februari sampai 5 Maret. Jumlah sebaran demografi penduduk Indonesia sesuai data BPS dan tersebar di 33 Provinsi Mengunakan Tingkat Kepercayaan 95 persen dan margin of Error +/- 1.9 persen