Sen. Agu 26th, 2019

Berita Bulukumba

Media Online Kabupaten Bulukumba Sulsel

Pelajar SMP di Bulukumba Latihan Tajam Penglihatan

1 min read

BULUKUMBA – Program untuk mendeteksi sejak dini kebutaan gencar digelar di Bulukumba. Kali ini kegiatan tersebut menyasar siswa SMP di Kecamatan Rilau Ale dan Bulukumpa.

Ratusan peserta didik pun tak melewatkan kesempatan itu. Pelatihan Skrining Tajam Penglihatan ini digelar Helen Keller Internasional (HKI) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulukumba.

Pihak HKI juga memberikan bantuan kacamata gratis untuk para peserta didik yang bermasalah dalam penglihatan. “Kacamata salah satu alat bantu untuk membantu penglihatan. Bagi yang terdeteksi disarankan tidak menggunakan kacamata koreksi yang tidak sesuai dengan kebutuhan,” jelas Sekertaris Iropin Pemda Sulsel Andika Bayu.

Menurutnya, saat ini banyak beredar optik yang tidak berijin dan tidak mempunyai tenaga refraksionis. “Hal tersebut tentu dapat merugikan para pengguna kacamata,” tegadnya.

Katanya lagi, optik yang tidak ada tenaga kesehatan refraksi optisi melanggar UU Nakes No 36 tahun 2014 dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 8.00 sampai pukul 2.00 waktu setempat mendapat sambutan hangat pelajar dan pihak sekolah.

Kepala SMP Negeri 39, Kasmawati Zainuddin, sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Kita dukung karena membantu para peserta didik untuk mengetahui kondisi penglihatan mereka.

Selain peserta didik, kegiatan ini juga diikuti puluhan Tenga Guru dan Tenaga Pendidikan yang ada di SMPN 39 Bulukumba, Rabu 27 Maret 2019.

Tinggalkan Balasan