Nurdin Abdullah Temui Warga Torut

oleh -

TORUT – Puluhan warga Toraja berkumpul di Tongkonan Pongtiku Tondon Desa Pangala Kecamatan Rindingallo, Kabupaten Toraja Utara, Minggu (7/4). Mereka menghadiri undangan keluarga besar Pongtiku Tongkonan Tondon Pangala yang menggelar syukuran atas terpilihnya Nurdin Abdullah sebagai Gubernur Sulsel pada Pilkada 27 Juni 2018 lalu.

Menurut tokoh masyarakat yang juga keturunan langsung Pahlawan Nasional Pongtiku, Timotius Djemey, Nurdin Abdullah adalah keluarga besar Tongkonan Pongtiku.

Menurut warga, acara syukuran yang dilakukan Minggu siang itu, sudah lama diniatkan dan sebagai wujud sukacita atas suksesnya keluarga besar Pongtiku yang memperjuangkan Nurdin Abdullah sebagai calon gubernur.

Loading...

Nurdin Abdullah sendiri dinobatkan sebagai Pongtiku Muda setahun yang lalu. Kala itu, Nurdin Abdullah diundang ke Tongkonan Pongtiku Pangala dalam kapasitas sebagai calon gubernur. Terpilihnya Nurdin Abdullah sebagai Gubernur Sulsel, menurut Timotius, adalah bagian dari kemenangan masyarakat Pangala.

“Kami wajib menyukuri atas kemenangan ini,” jelas Timotius dihadapan puluhan warga dan pejabat. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, “Saya tidak datang ke Pangala. Tapi saya sekarang lagi pulang kampung. Karena tahun lalu saya dinobatkan sebagai Pongtiku Muda. Saya keluarga besar Tongkonan Pongtiku,” tegasnya disambut teriakan khas Toraja.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang hadir di tempat ini meminta dukungan warga pangala untuk membangun Sulsel. “Tugas Pongtiku Muda sekarang membangun Toraja dan Sulsel secara keseluruhan,” katanya.

Nurdin Abdullah juga menjelaskan rencana pengembangan kota Makale dan Kota Rantepao, proyek pengembangan Bandara Tana Toraja di Buntu Kuni, serta pembangunan dan perbaikan infrastruktur termasuk jalan. Dalam kegiatan itu tampak Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda)