Askar HL Ajak Warga Bulukumba Doakan Korban Banjir Konawe Utara

MAKASSAR – Pengusaha asal Bulukumba, Askar HL turut prihatin dengan musibah banjir di Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pria yang akrab disapa Haji Askar itu pun turut mendoakan korban banjir.

Askar Hl menyebut bencana yang menimpa Konawe Utara sudah luar biasa. “Saya pribadi sangat prihatin. Di sana sudah kejadian luar biasa,” sedihnya saat dihubungi Beritabulukumba.com, Minggu 16 Juni 2019.

Calon bupati peraih suara terbanyak kedua pada Pilkada Bulkumba 2015 itu pun tak lupa mendoakan kepada korban banjir. Termasuk tim kemanuasiaan yang berjuang membantu korban.

“Saya selalu doakan, kita ajak semua warga doakan saudara kita (korban dan tim penolong) di sana. Semoga Allah melindungi,” harap Ketua PPP Bulukumba tersebut.

BACA JUGA:   Askar HL Dampingi Bupati Sukri Buka Mariorennu Cup I

Menurut Askar, banjir bandang tak cuma di Konawe Utara. Tapi sudah terjadi di Konawe. “Di Konawe Utara cuaca tak tentu. Kadang cuaca bagus tapi masih banjir. Sekarang kabarnya Konawe juga banjir,” ungkap Askar HL.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI mencatat 42 desa dan 3 kelurahan dari 6 kecamatan terendam banjir setinggi 3 sampai 4 meter. Akibatnya, 1.598 kepala keluarga (KK) atau 5.703 jiwa mengungsi.

Iklan Iklan

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya mengatakan, hingga hari ini, masih ada 3 desa di Kecamatan Wiwirano masih belum bisa dijangkau karena akses putus dan derasnya aliran air.

“Tiga desa yang belum dapat dijangkau petugas di lapangan itu adalah Desa Padalere Utara, Desa Padalere, dan Desa Lamonae Utara,” terangnya.

BACA JUGA:   Masuk Figur Unggulan, Askar HL: Saya Bismillah untuk Bulukumba Tercinta

Selain itu, kendala di lapangan yakni hujan deras dengan intensitas cukup tinggi masih turun sehingga membuat arus air masih deras. Sehingga, penggunaan sampan mesin tidak bisa menjangkau wilayah yang terisolir.

Ditambah lagi, jalur penyaluran bantuan logistik dari BNPB belum tiba di lokasi terdampak banjir akibat jalan menuju ke Kabupaten Konawe Utara terputus.

Ia mengatakan, tim reaksi cepat BNPB terus didampingi BPBD. Sebab, beberapa tempat belum bisa dilewati, akses 4 jembatan putus, dan longsor.

Askar HL

Penulis: 
    author

    Posting Terkait