[Hoax] Diam-diam Tarif Listrik Naik 20%

oleh

JAKARTA – Beredar info adanya kenaikan listrik mencapai 20 persen secara diam-diam. Kabar ini banyak beredar di sosial media Facebook dan Twitter. “Tarif listrik naik lagi 20%. Nasib rakyat selalu teraniaya kebijakan tidak pro rakyat. Kemanakah bisa mengadu,” tulis akun Bustan Idham di akun FB, Rabu 19 Juni 2019.

Status ini banyak ditanggapi kemudian dibagikan oleh warganet. Status bernada sama juga ramai di sosial media Twitter. Ternyata info tersebut hanya hoax alias kabar bohong.

Selain itu, beredar berita bahwa akan asa kenaikan listrik pada awal Juli 2019. Setelah ditelusuri info link berita dimuat oleh Media Republika pada tahun 2017.

BACA JUGA:   Diduga Hoax, Kompas.com Cabut Berita Sumber Arya Pradana Budiarto

Kabar hoax ini dikonfirmasi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Dia dengan tegas menyebut tidak ada kenaikan tarif listrik sebesar 20 persen.

“Enggak, enggak ada itu,” tegas dia di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (19/6/2019). Hal senada dikatakan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana. “Nggak ada,” katanya dilansir dari detikFinance, Rabu (18/6/2019).

Sumber data:
https://beritasidrap.com/hoax-awal-juli-tarif-dasar-listrik-naik-20