12 Perwakilan Negara Belajar Seni Budaya di Bulukumba

BULUKUMBA – Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali bersama Ketua Tim Penggerak PKK Siti Isniyah menyambut kedatangan tamu perwakilan dari 12 negara peserta Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI). Para tamu ini disambut tari-tarian di halaman di rumah jabatan Bupati Bulukumba, lalu kemudian dijamu makan siang bersama, Rabu 26 Juni 2019

Menurut pendamping rombongan, Lia A Kamaruddin, BSBI merupakan program dari Kementerian Luar Negeri RI dengan mendatangkan peserta dari utusan 74 negara untuk belajar seni dan budaya Indonesia. Peserta BSBI disebar di Indonesia, dan Provinsi Sulawesi Selatan mendapat 12 peserta (6 laki-laki, 6 perempuan) yang berasal dari negara Benin, Spain, Marocco, Fiji, Azerbaijan, Salomon, Island, Philippines, Malaysia, Russia, Romania, Jepang dan Indonesia. Mereka sudah berada di Makassar sejak tanggal 12 Mei yang lalu dan akan tinggal sampai 12 Agustus mendatang.

“Selama di Makassar, mereka telah mempelajari berbagai tarian, lagu, kerajinan dan seni budaya lainnya,” ungkap Lia A Kamaruddin yang mengaku program ini difasilitasi oleh Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:   Bupati Bulukumba: Pak Kapolres Pak Dandim, Jangan Sampai Kita Kecolongan

Kunjungan ke Bulukumba ini, tambah Lia bertujuan untuk mengenal lebih dekat seni budaya di daerah ini. Sebelumnya peserta juga sudah mendatangi Kabupaten Wajo dan Bone. Dari Bulukumba, rombongan akan lanjut ke Kabupaten Bantaeng, Takalar, dan Toraja.

Iklan Iklan

Bupati AM Sukri Sappewali mengapresiasi program kunjungan belajar seni budaya ini. Katanya, dengan kedatangan para peserta dari berbagai negara untuk mempelajari seni budaya di daerah ini, Bulukumba akan semakin dikenal di luar Indonesia. “Kita berharap, para peserta ini dapat memperkenalkan Bulukumba di negaranya masing-masing,” pinta AM Sukri Sappewali.

Untuk itu, pihak Pemkab kata AM Sukri Sappewali, akan mendampingi mereka selama kunjungan, seperti mendatangi kawasan Adat Ammatoa Kajang, pembuatan perahu Pinisi, dan mengunjungi lokasi pembuatan kain Bira.

BACA JUGA:   Bupati Bulukumba: Pak Kapolres Pak Dandim, Jangan Sampai Kita Kecolongan

Saat jamuan makan siang, salah satu peserta asal Benin yang bernama Tchibozo Fifonsi Malvina Stevia didaulat menyanyikan lagu Makassar. Dua lagu Makassar dengan judul Angin Mammiri dan Ati Raja dengan fasih ia nyanyikan.

AM Sukri Sappewali

Penulis: 
    author

    Posting Terkait