Kegiatan Orientasi Anggota DPRD Bulukumba Habiskan 200 Juta, Gunanya Apa?

BULUKUMBA, — Sebanyak 40 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bulukumba yang telah dilantik beberapa waktu lalu telah mengikuti kegiatan orientasi di kota Makassar.

Masa orientasi itu berlangsung pada tanggal 25 dan berakhir pada 30 Agustus hari ini diikuti legislator pendatang baru dan lama.

Santer menjadi perbincangan publik di Bulukumba, seberapa penting kegiatan yang menelan anggaran hingga ratusan juta itu dilaksanakan oleh anggota dewan? wajib kah? dan apa gunanya?
Pertanyaan tersebut banyak menjadi ciutan masyarakat.

Sekertaris Kantor DPRD Bulukumba, Daud Kahal yang dikonfirmasi Beritabulukumba.com menyebutkan orientasi itu merupakan kegiatan yang diatur dalam ketentuan per undang-undangan, jadi secara nasional dilaksanakan untuk seluruh anggota DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Jelas regulasinya di UU 23/2014, pedoman pelaksanaannya di Permendagri 133 th 2017, dan BPSDM Provinsi untuk Kabupaten/Kota yang ditunjuk selaku penyelenggara,”

Iklan Iklan
katanya, Jumat (30/08/2019) Via WhatsApp.

Kurikulum pembelajarannya, lanjut Daud menerangkan, juga dari Kemendagri. Tujuan dan gunanya anggota Dewan mengikuti orientasi, itu sudah menjadi keharusan karena DPRD itu adalah bagian dari pemerintah daerah yang fungsinya jelas dalam UU 23, Pengawasan, Anggaran, dan Pembentukan Perda.

“Kurang lebih tujuannya sama dengan pra jabatan PNS/ASN yang baru diangkat. Orientasi itu sifat sebagai bentuk pengenalan tugas khususnya terkait dengan wawasan kebangsaan, integritas, hubungan kerja dengan pemerintah pusat dan provinsi serta tugas-tugas umum pemerintahan,” jelas Daud.

Terkait anggaran digelontorkan untuk kegiatan orientasi itu menghabiskan sekitar 200 Juta lebih.

“Kurang lebih segitu. Kontribusi itu 175 Juta, selebihnya untuk perjalanan dinas anggota DPRD, kami setor langsung ke rekening penerimaan Pemprov,” sebut Daud.

“Dan semua penggunaan anggaran akan diaudit oleh Inspektorat dan BPK,” tutupnya.

EDITOR: Arnas Amdas

Berita Bulukumba Hari Ini DPRD Bulukumba

Penulis: 
    author

    Posting Terkait