Survei Pilkada Bulukumba 2020, Tiga Nama Ini Memiliki Elektabilitas Tinggi Versi LKPP

BERITABULUKUMBA.COM — Lembaga Kerja Penelitian Publik (LKPP) merilis hasil survei Calon Bupati untuk Pilkada Bulukumba 2020 mendatang.

Survei dilakukan dalam kurun waktu 1 sampai 7 September 2019 pada 440 orang sampel menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan margin of eror sebesar 5 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Dari 10 kecamatan yang ada di Bulukumba terpilih beberapa wilayah untuk dilakukan survei berdasarkan hasil metode dan perhitungan ilmiah.

Menurut Direktur/Peneliti LKPP, Andi Sri Wulandari diantara nama yang masuk dalam list LKPP, terjaring 30 nama yang sering disebut dan muncul di media sebagai calon Bupati dengan tingkat popularitas tinggi.

Setelah dilakukan survei, mengerucut 10 besar nama yang memiliki popularitas tertinggi. Nama-Nama 10 besar ini didominasi oleh ketua partai yakni, Andi Hamzah Pangki, Askar HL, Abdul Kahar Muslim, Andi Edy Manaf, Andi Zulkarnain Pangki, Andi Cawa Miri, Arum Spink, Andi Mahfud, Syahruni Haris, dan Tomy Satria Yulianto.

BACA JUGA:   Pilkada 2020: NasDem Tak Pernah Ragukan Tomy

“Ada 30 nama yang begitu populer disebut-sebut sebagai calon Bupati. Nama-nama itu juga sering muncul diberitakan di media, ini yang kami list untuk kuisioner hingga mengerucut ke 10 besar yang memiliki popularitas tertinggi,” ujar Andi Sri saat Konferensi Pers di Natural Cafe, Jalan Jenderal Sudirman, Bulukumba, Minggu (29/09/2019).

Kemudian masuk dalam pertanyaan Top Of Mind Responden, lanjutnya, yaitu pertanyaan yang memberi kesempatan responden secara terbuka menyebut pilihan calon pemimpin atau Calon Bupati, mengerucutkan 5 nama dari 10 tadi.

Mereka adalah Andi Hamzah Pangki, Askar HL, Abdul Kahar Muslim, Andi Edy Manaf, serta Tomy Satria Yulianto.

Sementara untuk Top Of Mind Elektabilitas atau tingkat keterpilihan dari 5 besar mengerucut lagi ke 3 nama. Andi Hamzah Pangki, Askar HL, dan Tomy Satria Yulianto masuk dalam 3 besar nama yang diranking. Hanya saja untuk mengetahui siapa figur yang memiliki popularitas hingga elektabilitas tinggi diantara ketiganya, LKPP enggan membeberkannya.

BACA JUGA:   Kembalikan Formulir, Ini Komitmen AZP Jika PAN Berkoalisi PDIP di Pilkada Bulukumba 2020

“Untuk Popularitas, ke tiga nama ini tidak terpaut terlalu jauh, namun untuk elektabilitas persentase perbedaannya cukup siginifikan. Dan 3 besar nama ini juga dianggap dekat dengan masyarakat, bahkan setelah dilakukan klasifikasi, didapatkan argumen yang cenderung sama dari masyarakat bahwa mereka memilih 3 nama ini karena dianggap baik, senang membantu masyarakat, dan dekat dengan masyarakat,” papar Andi Sri.

Iklan Iklan

Seperti diketahui, Andi Hamzah Pangki adalah mantan ketua DPRD Bulukumba selama dua periode dan Ketua DPD II Golkar, Askar HL adalah ketua DPD PPP, dan Tomy Satria Yulianto merupakan wakil Bupati Bulukumba sekaligus ketua DPD Partai Nasdem. 3 nama ini leading diantara nama-nama yang menjadi pilihan Top of Mind masyarakat.

Sebagai catatan, jumlah responden yang tidak menyebut pilihan saat dilakukan survei cukup tinggi yaitu sebesar 21,32 persen yang terbagi dengan kategori tidak tahu sebesar 12,55 persen, belum tahu sebesar 5,19 persen, belum ada 1,08 persen, dan tidak menjawab diangka 2,5 persen.

BACA JUGA:   Hilmiaty Jadi Primadona Untuk Dipinang Sejumlah Figur dari Timur

“Untuk informasi Pilkada 2020 keseluruhan, responden yang menjawab tahu sebanyak 66,36 persen, tidak tahu 32,5 persen dan tidak menjawab 1,14 persen. Tingkat minat untuk berpartisipasi dalam Pilkada sebanyak 98,18 persen responden yang akan menggunakan hak pilihnya. 1,13 persen tidak memilih dan yang tidak dapat menjawab sebanyak 0,69 persen,” jelas Andi Sri.

Untuk Survei kegiatan sosial yang digemari masyarakat, acara keagamaan menempati urutan tertinggi yaitu 45 persen dibandingkan kegiatan lainnya.

” Ini cerminan karakteristik masyarakat Bulukumba yang religius,” tambahnya.

Selain survei calon Bupati LKPP juga melakukan survei untuk tingkat popularitas partai politik, dan yang menempati urutan teratas adalah Partai Golkar disusul Gerindra, PAN, PDIP, Demokrat, dan Nasdem untuk 6 besar.

“Sejauh ini, berdasarkan survei kami, Golkar masih menjadi juara di hati masyarakat,” tutup Andi Sri.

LKPP Pilkada Bulukumba 2020 Survei Pilkada 2020

Penulis: 
author

Posting Terkait