Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Ketua DPRD Bacakan Ikrar

BERITABULUKUMBA.COM — Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan melalui upacara penaikan bendera di halaman Kantor Bupati berlangsung hikmat, Selasa 1 Oktober 2019.

Peserta upacara dari jajaran Pemkab Bulukumba, Polres, Kodim, dan Kementerian Agama serta Kepala Cabang BRI Edi Haryadi, serta Kepala Cabang Bank Sulselbar Indra Karlesa. Hadir dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kapolres AKBP Syamsu Ridwan, dan Dandim Letkol ARM Joko Triyanto.

Dalam upacara ini, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali bertindak selaku Inspektur Upacara. Sementara Komandan upacara Kapten ARH Sahabuddin dari Kodim 1411, sedangkan Ketua DPRD H. Rijal bertugas membacakan Ikrar Kesetiaan kepada Pancasila. Tugas membaca ikrar dalam upacara ini adalah yang pertama dilakukan H. Rijal sejak menjadi pimpinan DPRD Bulukumba.

Berikut bunyi Ikrar yang dibacakan Ketua DPRD H. Rijal :
“Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya :
Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan

Iklan Iklan
oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan
Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai
ldeologi Negara;
bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi
Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik
Indonesia;
maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami
membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jakarta, 1 Oktober 2019, Atas Nama Bangsa Indonesia, Ketua DPR RI, H. Bambang Soesatyo.

Setelah upacara dibubarkan Bupati AM Sukri Sappewali menyampaikan terima kasih kepada para peserta upacara yang hadir.

“Saya ucapkan terima kasih atas semangat dan kebersamaan kita dalam melaksanakan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada hari ini,” tutupnya.

Sebelumnya pada malam harinya (Senin malam), bertempat di halaman Gedung PKK Bulukumba, Jalan Anggrek, Bupati AM Sukri Sappewali bersama ratusan orang Nonton Bareng (Nobar) film Pengkhianatan G.30.S/PKI. Nobar ini digagas dan diselenggarakan oleh Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Bulukumba.

Pemerintahan Peringatan Hari Kesakitan Pancasila

Penulis: 
author

Posting Terkait