Melihat Berapa Persen Masyarakat yang Ingin Edy Manaf Maju di Pilkada 2020

• Masuk Top Of Mind 2 Lembaga Survei

BERITABULUKUMBA.COM — Dua lembaga survei baru-baru ini merilis hasil survei untuk Pilkada Bulukumba 2020 mendatang.

Diantara beberapa nama figur yang leading, juga muncul nama figur yang bukan merupakan pendatang baru.

Seperti kontestan Pilkada 2015 silam Andi Edy Manaf. Politisi senior Partai PAN ini masuk dalam hitungan figur yang memiliki popularitas tinggi dan
Top Of Mind tingkat keterpilihan dua lembaga survei.

Versi Lembaga Kerja Penelitian Publik (LKPP) me-ranking Edy Manaf yang saat ini menjabat sebagai legislator DPRD Sulsel ini masuk dalam 5 Besar Top Of Mind mengalahkan nama-nama dari list LKPP di 10 besar yang di dominasi ketua Parpol di Bulukumba.

Top Of Mind Responden yaitu pertanyaan yang memberi kesempatan responden secara terbuka menyebut pilihan calon pemimpin atau Calon Bupati.

“Dari 10 nama yang begitu populer disebut-sebut sebagai calon Bupati. Nama-nama itu juga sering muncul diberitakan di media, kami list untuk kuisioner hingga mengerucut terus ke 5  besar untuk Top Of Mind. Salah satu nama yang leading masuk 5 besar adalah Andi Edy Manaf,” papar Direktur Peneliti LKPP, Andi Sri Wulandari saat Konferensi Pers beberapa waktu lalu.

Meski tak memaparkan angka persentase namun LKPP menyebutkan dari hasil survei yang dilakukan, 3/4 warga Bulukumba menginginkan Edy Manaf maju di Pilkada.

“Nama yang masuk Top Of Mind Ini mereka dikenal sekitar 3/4 masyarakat Bulukumba. Jadi sudah berbicara tingkat keterpilihan atau Elektabilitas,” sebut Andi Sri.

Survei LKPP dilakukan dalam kurun waktu 1 sampai 7 September 2019 pada 440 orang sampel menggunakan metode

Iklan Iklan
Multistage Random Sampling dengan margin of eror sebesar 5 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Dari 10 kecamatan yang ada di Bulukumba terpilih 44 desa untuk dilakukan survei berdasarkan metode perhitungan ilmiah.

Sementara Versi survei Media Research Indonesia (MRI) tingkat popularitas menempatkan Edy Manaf diurutan ke tiga dengan persentase 72,7 persen dikenal publik, dibawah Askar HL dan Tomy Satria Yulianto. Diatas Arum Spink dan Andi Hamzah Pangki.

Sedangkan tingkat penerimaan alias Akseptabilitas, Nama Edy Manaf juga leading di urutan ke tiga dibawah Tomy Satria dan Arum Spink. Diatas
Askar HL dan Andi Hamzah Pangki.

Untuk elektabilitas, Edy Manaf memperoleh persentase angka sebanyak 5,5 persen dibawah Askar HL dan Tomy Satria.

“Survei ini kami laksanakan pada 26 hingga 29 Agustus 2019 menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan jumlah 440 responden, margin of error 4,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Adapun prosedur penarikan sampel adalah Multistage Random Sampling dengan stratifikasi dan tingkatan cluster,” kata Peneliti MRI, Akmal Arsyad kepada wartawan di Cafe dan Resto Wow, Jln Lanto Dg Pasewang, Bulukumba, Selasa kemarin (01/10/2019).

Menanggapi hasil survei tersebut Andi Edy Manaf menghormati dan mengapresiasi atas penelitian ilmiah yang dilakukan LKPP dan MRI. Meski dirinya masuk dalam daftar survei dan disejajarkan dengan figur bakal Calon Bupati yang telah massif melakukan sosialisasi. Hal itu belum mengubah sikap Edy Manaf di Pilkada.

“Itu indikator lembaga survei, saya kaget, apalagi saya belum pernah menyatakan sikap pada Pilkada 2020 ini, sekarang saya fokus pada tugas saya sebagai Anggota DPRD Provinsi. Yang pasti politik itu dinamis,” tutur Edy Manaf kepada Beritabulukumba.com, Rabu (02/10/2019).

Edy Manaf MRI Pilkada Bulukumba 2020 Survei Pilkada 2020

Penulis: 
    author

    Posting Terkait